tetap melakukan pemantauan terhadap 'travel' gelap atau memang orang terindikasi melakukan jalan khusus menerobos kebijakan dilarang mudik/balik
Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Selatan akan melakukan penyekatan di dua lokasi yakni di sekitar Pasar Jumat, Lebak Bulus dan Budi Luhur di Pesanggrahan selama periode larangan mudik, tanggal 6-17 Mei 2021.

"Kami tetap melakukan pemantauan terhadap 'travel' gelap atau memang orang terindikasi melakukan jalan khusus menerobos kebijakan dilarang mudik/balik," kata Kepala Bagian Operasi Polres Metro Jakarta Selatan Komisaris Polisi Ridwan R Soplanit dalam apel Operasi Ketupat 2021 di Jakarta, Rabu.

Baca juga: ASN nekat mudik bisa kena sanksi teguran sampai pemecatan

Dua lokasi tersebut menjadi jalur penghubung antara Provinsi DKI Jakarta dengan Tangerang Selatan di Provinsi Banten.

Meski begitu, lanjut dia, perbatasan di wilayah Jakarta Selatan belum menjadi sorotan karena secara geografis posisinya berada di tengah, namun pemantauan akan tetap dilaksanakan.

"Kalau di wilayah Jaksel masih belum terlalu jadi sorotan, karena posisi di tengah, itu jadi atensi wilayah Polres yang ada di pinggiran bekerja sama langsung dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro," katanya.

Baca juga: Ketua DPR, Kakorlantas, & Menhub rakor pengamanan Operasi Ketupat 2021

Pihaknya akan tetap melakukan analisa dan evaluasi untuk penyekatan mengantisipasi pemudik yang masih nekat saat masa pelarangan mudik.

Sebelumnya, Polres Metro Jakarta Selatan mengerahkan 658 personel untuk pengamanan Lebaran yang bertugas di sejumlah titik di wilayah hukum Jakarta Selatan.

Baca juga: Puan: Hari Pertama larangan mudik jadi pertaruhan wibawa negara

Selain dari polisi, tim gabungan juga dilibatkan di antaranya terdiri dari TNI, Satpol PP hingga Dinas Perhubungan Jakarta Selatan.

Adapun tugas utamanya kini bertambah selain memberikan keamanan dan pengaturan lalu lintas, juga memastikan penerapan protokol kesehatan masyarakat.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021