Anjing dalam budaya Amerika pada dasarnya memiliki arti positif, tetapi dalam budaya dan idiom China, kebanyakan bersifat negatif,
Beijing (ANTARA) - Kedutaan besar Amerika Serikat di China menghadapi masalah setelah unggahan di media sosialnya tentang aplikasi visa pelajar menyinggung para netizen China.

Dimulainya kembali aplikasi visa pelajar di kedutaan besar dan kantor-kantor misi AS di China dimulai dengan awal yang sengit pekan ini ketika netizen mengkritik unggahan media sosial kedutaan AS yang mereka tafsirkan sebagai tindakan menyamakan siswa China dengan anjing.

Mantan Presiden AS Donald Trump, yang masa jabatannya ditandai dengan hubungan yang tegang dengan Beijing, pada Januari tahun lalu telah melarang hampir semua warga negara non-AS yang berada di China untuk memasuki Amerika Serikat setelah merebaknya wabah virus corona.

Pada layanan media sosial Weibo pada Rabu (5/5), bagian visa kedutaan AS di China bertanya kepada para pelajar China apa yang mereka tunggu setelah pemerintahan Presiden AS Joe Biden melonggarkan pembatasan.

Baca juga: AS kecam tindakan China semakin kurangi partisipasi politik Hong Kong
Baca juga: Menlu AS kritik China, sebut 'perlu kupas tuntas' asal muasal COVID-19


"Musim semi telah tiba dan bunga-bunga bermekaran. Apakah kamu seperti anjing ini yang tidak sabar untuk keluar dan bermain?" kata unggahan Kedubes AS dalam bahasa Mandarin, yang disertai dengan video anak anjing yang bersemangat mencoba memanjat gerbang pengaman.

Namun, unggahan tersebut mendapat reaksi marah dari beberapa pengguna Weibo, yang merasa perbandingan tersebut tidak pantas, dan kemudian unggahan itu dihapus.

"Apakah ini humor Amerika? Saya yakin mereka sengaja melakukannya!" tulis seorang pengguna Weibo.

"Anjing dalam budaya Amerika pada dasarnya memiliki arti positif, tetapi dalam budaya dan idiom China, kebanyakan bersifat negatif," tulis seorang pengguna lain.

Beberapa pengguna lain menyindir bahwa "guru" (merujuk pada AS) memanggil para siswa (China) kembali ke Amerika Serikat.

The Global Times, sebuah tabloid berbahasa Inggris yang dijalankan oleh media People's Daily milik Partai Komunis China, juga mengutip warganet yang mengatakan bahwa unggahan itu adalah suatu bentuk "rasisme terang-terangan".

Seorang juru bicara kedutaan besar AS di Beijing mengeluarkan permintaan maaf pada Kamis pagi kepada siapa pun yang tersinggung oleh komentar dalam unggahan tersebut.

"Unggahan media sosial yang dipertanyakan itu dimaksudkan untuk menjadi unsur periang dan humoris," kata jubir kedubes AS itu.

"Kami segera menurunkannya ketika kami melihat hal itu tidak diterima dalam semangat yang kami maksudkan," katanya.

Ini bukan pertama kalinya pernyataan terkait hewan memicu reaksi keras di China. Pada 2019, seorang ekonom senior dari UBS diberhentikan setelah komentarnya tentang babi di China dianggap oleh beberapa orang sebagai penghinaan rasial. Namun, dia kemudian dipekerjakan kembali.

Sumber: Reuters

Baca juga: Presiden China akan ikuti KTT perubahan iklim atas undangan Biden
Baca juga: Presiden China serukan pemerintahan global yang lebih adil

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021