Ini juga kami tidak ambil barang lagi, habisin aja stok yang masih ada karena mau tutup
Jakarta (ANTARA) - Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, mulai menutup kegiatan operasionalnya pada Rabu (12/5) dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah yang diperkirakan jatuh pada Kamis (13/5).

Sejumlah pedagang di Blok A Pasar Tanah Abang telah diinformasikan oleh pengelola gedung, sehingga mereka dapat melakukan persiapan sebelum gedung ditutup mulai Rabu (12/5) hingga sepekan ke depan.

Baca juga: Pedagang Pasar Tanah Abang mengaku alami penurunan omzet

"Iya sudah dikasih tahu oleh pihak gedung, terakhir jualan tanggal 11, itu pun katanya setengah hari," kata Doyok (57) salah satu pedagang baju di Blok A Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat saat ditemui Antara, Kamis.

Doyok mengaku meski gedung Pasar Tanah Abang akan ditutup hingga sepekan ke depan, ia mensyukuri penjualan baju pada tahun ini, dibandingkan tahun 2020 di mana saat itu pasar ditutup selama 2 bulan.

Senada dengan itu, Yenny (61) salah seorang pedagang sajadah dan seprai di Blok B Tanah Abang, juga tengah membereskan barang dagangannya.

Baca juga: Pasar Tanah Abang masih terlihat ramai pada H-1 pelarangan mudik

"Ya dibereskan sedikit-sedikit. Ini juga kami tidak ambil barang lagi, habisin aja stok yang masih ada karena mau tutup," kata dia.

Salah satu petugas keamanan Gedung Pasar Tanah Abang, Rahman (41) menjelaskan bahwa hari terakhir pasar beroperasi, yakni pada 11 Mei 2021 pukul 12.00 WIB.

Baca juga: Mewaspadai klaster baju Lebaran

"Hari Selasa terakhir buka, itu hanya sampai jam 12.00 saja. Besoknya Rabu tutup total sampai 7 hari," kata Rahman.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Antara pukul 14.30 WIB, situasi Pasar Tanah Abang sudah mulai sepi pengunjung. Hal itu dipengaruhi operasional kereta rel listrik (KRL) Commuter Line yang tidak berangkat dan berhenti di Stasiun Tanah Abang pukul 15.00 - 19.00 WIB.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021