pasien yang sudah sembuh, selamat kembali ke rumah masing-masing dan kembali ke keluarga
Surabaya (ANTARA) - Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya mencatat sebanyak 7.000 pasien telah sembuh dari COVID-19 selama 11 bulan terakhir atau sejak pertama kali dibuka pada awal Juni 2020.

"Kepada pasien yang sudah sembuh, selamat kembali ke rumah masing-masing dan kembali ke keluarga," ujar Penanggung Jawab RSLI Laksamana Pertama dr. I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara dalam acara "Wisuda Penyintas Ke-7.000 COVID-19 RSLI" di Surabaya, Selasa. 

Acara tersebut merupakan wisuda ke-321 yang diselenggarakan oleh RSLI menggenapi sejumlah 7.002 penyintas COVID-19 sudah diluluskan dari total 7.326 pasien yang masuk dan ditangani RSLI.

Baca juga: RS Lapangan Indrapura rawat 34 PMI terkonfirmasi COVID-19

Dr Nalendra menegaskan pihaknya telah melakukan berbagai upaya semaksimal mungkin dalam penanganan pasien COVID-19.

Upaya itu, kata dia, membuahkan hasil berupa tingkat kesembuhan cukup tinggi, yaitu 96,23 persen atau jauh di atas rata-rata angka kesembuhan Jawa Timur 77,53 persen dan nasional 91,3 persen.

"Sedangkan, angka kematian 1 orang atau terendah di Indonesia," ucap dia.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di RS Lapangan Surabaya capai 2.070 orang

RSLI juga telah berkontribusi kesembuhan COVID-19 sebesar 0,45 persen Nasional, 5,09 persen Jawa Timur, dan 31,53 persen Surabaya.

"Terima kasih kepada semua tenaga kesehatan, relawan dan tim RSLI. Prestasi ini harus dijaga dan terus dipertahankan, serta ditingkatkan. Mari berikan yang terbaik kepada masyarakat dan bangsa dalam mengatasi pandemi COVID-19 di Indonesia," katanya.

Sementara itu, seorang Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) RSLI dr Fauqa Arinil Aulia menyampaikan pesan kepada para penyintas agar menjadi duta protokol kesehatan.

"Setidaknya bagi keluarga dan masyarakat sekitar," katanya.

Baca juga: Khofifah minta Stadion Joko Samudro tiru RS Darurat Lapangan Surabaya

Di tempat sama, Kepala Seksi Kesiapsiagaan Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jatim Apal Supendi menyampaikan komitmen dan kesiapan BPBD dalam mendukung operasional RSLI.

Ia juga mengucapkan selamat kepada penyintas yang sudah dinyatakan sembuh dan bisa merayakan Idul Fitri bersama keluarga di rumah.

"Kami juga menyampaikan selamat Idul Fitri 1442 Hijriah. Taqobballahu minna waminkum, Taqobbal yaa karim," tuturnya.

Baca juga: Gugus Tugas Jatim: 72,9 persen pasien di RS Lapangan Surabaya sembuh

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021