Jakarta (ANTARA) - Manajemen Kebun Raya Bogor LIPI tidak menggelar Shalat Idul Fitri 1442 Hijriah berjamaah dengan mempertimbangkan kondisi pandemi COVID-19 dan masukan dari pemangku kepentingan, khususnya Pemerintah Kota Bogor.

Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI Hendrian dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Rabu mengatakan mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kewilayahan serta hasil keputusan rapat terbatas kabinet pada Selasa (19/4), tentang pelarangan kegiatan keagamaan yang bersifat masif, tahun ini Kebun Raya Bogor LIPI kembali tidak menggelar shalat berjamaah dalam momen Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Dari tahun ke tahun, Kebun Raya Bogor LIPI secara rutin menggelar Shalat Idul Fitri berjamaah di Lapangan Astrid Kebun Raya Bogor. Namun, mempertimbangkan kondisi pandemi COVID-19 saat ini, serta masukan dari para pemangku kepentingan, khususnya Pemerintah Kota Bogor, manajemen Kebun Raya Bogor LIPI memutuskan untuk tidak menggelar kegiatan salat berjamaah Idul Fitri 1442 H.

Kendati demikian, Hendrian mengatakan bahwa kegiatan pelayanan publik tetap buka dan beroperasi sebagaimana biasanya. Pelayanan terhadap pengunjung tetap beroperasi dan dibuka untuk umum mulai jam 09.00-16.00 WIB.

Hendrian juga menjelaskan Kebun Raya Bogor LIPI akan senantiasa menerapkan dan mengingatkan pengunjung untuk menjaga ketertiban pelaksanaan protokol kesehatan.

Kebun Raya Bogor sudah menyiapkan tim yang memantau penerapan protokol kesehatan oleh pengunjung di area kebun raya. Masyarakat yang ingin berkunjung ke Kebun Raya Bogor diimbau untuk memakai masker dan menjaga jarak.

“Kami menyiapkan tim di lapangan untuk memantau penerapan protokol kesehatan, memecah kerumunan dan pengarahan supaya pengunjung patuh dan tertib dalam menjalankan protokol kesehatan,” kata Hendrian.

Pengunjung masih dapat memanfaatkan titik-titik menarik di dalam kebun raya sebagai sarana rekreasi dan edukasi, kecuali Taman Aquatic dan Taman Meksiko yang untuk sementara tidak dapat dikunjungi dikarenakan sedang dilakukan revitalisasi.

“Seluruh jajaran manajemen Kebun Raya Bogor LIPI mengucapkan selamat merayakan Idul Fitri 1442 H, mohon maaf lahir dan batin. Semoga Ramadan yang telah dijalani menjadi ladang keberkahan bagi yang menjalankan. Mari bersama-sama menekan angka penularan COVID-19 dengan terus menerapkan protokol kesehatan, menjaga pola makan dan olahraga teratur, serta tak lupa berdoa agar pandemi segera berlalu demi kebaikan bersama,” ujar Hendrian.

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021