Jakarta (ANTARA) - Chelsea akan menghadapi Leicester City dalam partai final Piala FA 2020/21 di Stadion Wembley, London, Sabtu.

Pertandingan besok akan menandai pertandingan ke-10 Chelsea melawan Leicester dalam Piala FA, tetapi untuk pertama kalinya kedua tim bertemu pada partai final dalam kompetisi apa pun.

Berikut adalah sejumlah catatan head-to-head Chelsea vs Leicester yang dikumpulkan Antara menjelang final Piala FA:

Baca juga: Leicester tantang Chelsea di final Piala FA

- Chelsea mempunyai modal besar selalu mampu mengatasi Leicester dalam tujuh pertemuan dalam ajang Piala FA, kendati dua di antaranya sempat harus ditentukan lewat laga ulang.

- Kendati belum pernah menang dalam Piala FA, Leicester mampu mengalahkan Chelsea 2-0 dalam pertemuan terakhir keduanya di Liga Premier Inggris 19 Januari lalu.

- Kekalahan kontra Leicester kala itu menjadi pelatuk eksekusi pemecatan Frank Lampard dari kursi manajer Chelsea yang kemudian digantikan oleh Thomas Tuchel.

- Sejak ditangani Tuchel, Chelsea hanya menelan dua kekalahan dan memetik 13 kemenangan dalam 20 pertandingan dalam kompetisi domestik (Liga Inggris dan Piala FA), sedangkan dalam periode yang sama Leicester besutan Brendan Rodgers cuma menang 11 kali dan kalah lima kali.

Baca juga: Tuchel puji warisan Lampard di Chelsea

- Dalam Piala FA, Chelsea mempunyai rekam jejak lebih mentereng yakni koleksi delapan trofi dari 14 penampilan pada final piala dibandingkan Leicester yang selalu gagal menang dalam empat kesempatan tampil pada partai pemungkas.

- Chelsea tahun lalu mencapai final dan dikalahkan Arsenal 1-2, sedangkan Leicester terakhir kali tampil dalam final lebih dari setengah abad lalu, yakni pada 1969 dan dikalahkan Manchester City.

- Baik Tuchel maupun Rodgers sama-sama berkesempatan mempersembahkan trofi pertama bagi klub masing-masing di Wembley besok. Bedanya, Tuchel bisa meraihnya hanya dalam kurun waktu kurang dari lima bulan, sedangkan Rodgers lebih dari dua tahun.

- Tammy Abraham di Chelsea dan Kelechi Iheanacho di Leicester sama-sama berpeluang memantapkan diri sebagai top skor utama Piala FA musim ini. Keduanya saat ini mengoleksi empat gol.

Baca juga: Hakim Ziyech bawa Chelsea lewati City menuju final Piala FA
Baca juga: Leicester tendang MU dari Piala FA

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021