Jakarta (ANTARA) - West Ham United membuang kesempatan mendekati empat besar klasemen Liga Inggris setelah gagal meraih kemenangan dalam rangkaian laga pekan ke-36.

Tim besutan David Moyes itu hanya memetik satu poin setelah ditahan imbang Brighton & Hove Albion dengan skor 1-1 dalam lawatan ke Stadion Amex pada Minggu dini hari tadi.

Akibatnya West Ham tidak beranjak dari urutan keenam klasemen dengan koleksi 59 poin, setelah disalip oleh Liverpool (60) dua hari sebelumnya.

Bukan saja gagal mendekati empat besar yang masih berjarak lima poin di atasnya, West Ham juga kini terancam disalip oleh Tottenham Hotspur dan Everton yang hanya tertinggal tiga poin di bawah mereka.

Baca juga: Brighton jegal upaya West Ham dekati empat besar

Tottenham akan menjamu Wolverhampton di Stadion Tottenham Hotspur, London, Minggu malam dan tim besutan Ryan Mason itu tentunya masih ingin memelihara asa dalam perburuan tiket Liga Champions.

West Ham juga terancam ditinggalkan lebih jauh oleh Liverpool yang bakal melawat ke The Hawthorns menghadapi West Bromwich Albion nanti malam.

Bagi Liverpool kemenangan adalah hasil wajib jika mereka ingin memperkuat posisi dalam perburuan tampil Selasa dan Rabu malam musim depan, ketimbang terlibat di liga malam Jumat.

Itu bukan tugas mudah bagi Liverpool, mengingat di pertemuan pertama tim besutan Juergen Klopp itu kesulitan melawan pasukan Sam Allardyce dan hanya meraih hasil imbang.

Kendati sudah gagal menghindari degradasi, Allardyce tentu ingin meraih catatan personal sebagai manajer kedua yang bisa melewati enam pertandingan nirkalah melawan Liverpool setelah Tony Pulis.

Baca juga: Diimbangi Villa, Ancelotti target Everton sapu bersih tiga laga sisa

Rival sekota Liverpool, Everton juga akan berusaha keras untuk memanfaatkan laga menjamu tim juru kunci Sheffield United di Goodison Park pada Senin dini hari nanti guna menjaga asa tampil di Eropa musim depan.

Everton masih berada di posisi kedelapan dengan koleksi 56 poin dan secara matematis bisa menembus empat besar yang berjarak delapan poin saja.

Rangkaian pertandingan pekan ke-36 Minggu malam ini akan dibuka dengan pertemuan Crystal Palace vs Aston Villa.

Villa yang berada di urutan ke-11 masih punya peluang tipis untuk menembus zona kualifikasi Eropa, lebih tepatnya untuk tiket babak playoff Liga Conference, yang hanya berjarak tujuh poin di atas mereka.

Baca juga: Klopp lelah dengan gorengan media atas reaksi Mane

Berikut jadwal dan hasil Liga Inggris pekan ke-36 (tuan rumah disebut pertama, dalam WIB):

Rabu (12/5) dini hari
Manchester United 1 - Leicester City 2 (Mason Greenwood 15'; Luke Thomas 10', Caglar Soyuncu 66') Baca juga: Ole Gunnar Solskjaer konfirmasi cedera ligamen Harry Maguire

Kamis (13/5) dini hari
Chelsea 0 - Arsenal 1 (Emile Smith-Rowe 16') Baca juga: Thomas Tuchel: kekalahan dari Arsenal adalah salah kami sendiri

Sabtu (15/5) dini hari
Newcastle United 3 - Manchester City 4 (Emil Krafth 25', Joelinton p-45+6', Joe Willock 62'; Joao Cancelo 39', Ferran Torres 42', 64', 66') Baca juga: Guardiola sebut gelar Liga Inggris musim ini juara tersulitnya

Sabtu (15/5) malam s.d. Minggu (16/5) dini hari
Burnley 0 - Leeds United 4 (Mateusz Klich 44', Jack Harrison 60', Rodrigo Moreno 77', 79') Baca juga: Rodrigo Moreno dua gol, Leeds pukul Burnley 4-0
Southampton 3 - Fulham 1 (Che Adams 27', Nathan Tella 60', Theo Walcott 82'; Fabio Carvalho 75')
Brighton & Hove Albion 1 - West Ham United 1 (Danny Welbeck 84'; Said Benrahma 87')

Minggu (16/5) malam s.d. Senin (17/5) dini hari
18.00 Crystal Palace vs Aston Villa
20.05 Tottenham Hotspur vs Wolverhampton
22.30 West Bromwich Albion vs Liverpool
01.00 Everton vs Sheffield United

Klasemen Liga Inggris

Keterangan:
J: sudah juara
D: sudah terdegradasi
blok warna: sudah pasti finis di area/urutan dengan warna serupa

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021