Pembangunan kekuatan TNI AL sebagai komponen utama pertahanan negara di laut sekaligus sebagai salah satu komponen kekuatan maritim.
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan bahwa Indonesia harus membangun dan menghadirkan kekuatan maritim nasional yang kuat serta solid agar menjadi poros maritim dunia.

"Oleh karena itu, penguatan TNI AL sebagai komponen utama kekuatan maritim Indonesia harus dilakukan," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Puan mengatakan hal itu ketika menerima kunjungan Komandan Sekolah Staf Komando TNI AL (Seskoal) Laksamana Muda Tunggul Suropati di kompleks DPR RI, Jakarta, Rabu (19/5). Dalam kesempatan tersebut, Tunggul didampingi 10 perwira TNI AL.

Puan menilai pembangunan kekuatan TNI AL sebagai komponen utama pertahanan negara di laut sekaligus sebagai salah satu komponen kekuatan maritim, bukan lagi sekadar keinginan, melainkan sudah merupakan kebutuhan yang tidak dapat dihindari untuk diwujudkan.

Menurut dia, perlu perencanaan strategis untuk membangun kekuatan maritim nasional. Oleh karena itu, perlu peran Seskoal menyiapkan sumber daya perwira TNI AL.

Baca juga: Kasal Buka Dikreg Seskoal Angkatan Ke-59

Ia menegaskan bahwa Seskoal harus mampu membuat para perwira siswa berpikir secara terpadu, sistematis, terstruktur, dan menyeluruh dalam menyusun perencanaan strategis pembangunan kekuatan dan kemampuan TNI AL.

"Harus adaptif dan responsif karena ke depan kita menghadapi ancaman maupun perubahan lingkungan strategis global maupun regional yang bergerak sangat dinamis," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati menyambut baik masukan dan pemikiran Ketua DPR RI tentang pembangunan kekuatan maritim.

"Oleh karena itu, kami mengundang Bu Puan agar memberikan kuliah umum di Seskoal agar bisa menyampaikan secara langsung pemikiran beliau tentang pembangunan kekuatan maritim nasional kepada para perwira siswa Seskoal," katanya.

Tunggul menjelaskan bahwa Ketua DPR RI akan memberikan kuliah umum di Seskoal pada sesi Kuliah Kerja Perencanaan Strategis TNI AL Perwira Siswa Pendidikan Regular Seskoal Angkatan Ke-59 Tahun Ajaran 2021.

Dalam kuliah umum tersebut, kata dia, Puan akan diminta pandangannya tentang pembangunan alat utama sistem senjata (Alutsista) TNI, khususnya TNI AL.

Baca juga: Kasal: Perwira lulusan Seskoal harus berkarakter pemimpin yang kuat

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021