Jakarta (ANTARA) - Lima berita politik pada Minggu (23/5) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai alasan tidak diundangnya Ganjar Prabowo hingga desakan pengesahan RUU perlindungan data pribadi.

Klik di sini untuk membaca berita selengkapnya

1. PDIP Jateng konfirmasi tak undang Ganjar saat pengarahan Puan
DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah memberikan konfirmasi tidak mengundang Ganjar Pranowo saat pengarahan kader untuk penguatan soliditas partai menuju Pemilu 2024 oleh Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani.

"Tidak diundang! (Ganjar Pranowo) wis kemajon (kelewatan), yen kowe pinter, ojo keminter (bila kamu pintar, jangan sok pintar)," kata Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemenangan Pemilu sekaligus Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Bambang Wuryanto, melalui siaran pers yang diterima ANTARA di Semarang, Minggu.

Selengkapnya di sini

2. Kemenpan RB dorong RUU Perlindungan Data Pribadi segera disahkan
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mendorong lembaga pemerintah yang berwenang bersama DPR RI untuk segera menyelesaikan pembahasan dan mengesahkan RUU Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP).

Kemenpan RB memberi dorongan itu karena RUU PDP diyakini dapat mengurangi dampak peretasan dan penyalahgunaan data pribadi masyarakat, mengingat belum lama ini 279 juta data pribadi pengguna layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan diduga bocor.

Selengkapnya di sini

3. Puspoll: Tingkat kepuasan kinerja Joko Widodo-Ma'ruf Amin baik
Direktur Eksekutif Puspoll Indonesia, Muslimin Tanja, menyatakan tingkat kepuasan masyarakat Indonesia atas kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, tergolong baik dalam survei pada April 2021.

"Sebanyak 71,4 persen responden menyatakan puas terhadap pemerintah Jokowi-Ma'ruf," kata Tanja dalam jumpa pers secara daring di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini

4. Petugas PPK hingga KPPS PSU Pilgub Jambi dites antigen
Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara pada Pemungutan Suara Ulang Pilkada Jambi menjalani uji cepat antigen Covid-19 sebelum mereka bertugas.

"Uji cepat antigen antigen petugas PPK, PPS, dan KPPS dilaksanakan dalam rangka memutus penularan Covid-19 sekaligus memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan memberikan hak pilihnya pada PSU Pilgub Jambi, 27 Mei mendatang," kata anggota KPU Kabupaten Batanghari, Harapan Nami, di Batanghari, Minggu.

Selengkapnya di sini

5. Sebanyak 273.543 surat suara Pilgub Kalsel didistribusikan ke wilayah PSU
Sebanyak 273.543 lembar surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan didistribusikan ke wilayah yang menggelar Pemungutan Suara Ulang pada 9 Juni 2021.

"Seluruh tahapan distribusi kami kawal ketat pada hari ini, mulai dari Kantor KPU Provinsi Kalsel menuju tiga kabupaten dan kota, yaitu Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, dan Kabupaten Tapin," kata Kabid Humas Polda Kalimantan Selatan, Komisaris Besar Polisi Mochamad Rifa'i, di Banjarmasin, Minggu.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021