Kehadiran program JKN-KIS dinilai memiliki banyak manfaat

id BPJS Kesehatan,JKN-KIS,Indonesia Sehat

Kehadiran program JKN-KIS dinilai memiliki banyak manfaat

Seorang pekerja penerima upah, Meiliza Cecilia, menunjukkan kartu kepesertaan JKN-KIS. (ANTARA/HO-BPJS Kesehatan)

Jakarta (ANTARA) - Meiliza Cecilia (36), seorang pekerja penerima upah, menilai program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari BPJS Kesehatan memiliki banyak nilai manfaat, baik secara lahiriah maupun batiniah.

"Program JKN-KIS ini selain sebagai penjamin di kala kita sakit, membayar iuran JKN-KIS ini juga sebagai ladang amal dan ibadah kita karena telah menolong sesama yang membutuhkan," kata dia dalam keterangan tertulis BPJS Kesehatan diterima di Jakarta, Selasa.

Ia yang salah satu peserta program JKN-KIS itu, mengungkapkan program yang diselenggarakan BPJS Kesehatan telah banyak memberikan bantuan kepada keluarganya di kala membutuhkan.

Selama dirinya menjadi peserta JKN-KIS, tidak pernah sama sekali dikecewakan. Ia bercerita ketika keluarganya harus dibawa ke rumah sakit. Meiliza sudah tak terlalu khawatir lagi akan biaya pengobatan, sebab semuanya telah terjangkau BPJS Kesehatan melalui program JKN-KIS.

"Dulu keluarga saya pernah sakit, dan ketika diperiksa mesti dirujuk ke rumah sakit, saya menganjurkan untuk menggunakan program JKN-KIS agar tidak perlu khawatir lagi masalah biaya pelayanan kesehatannya nanti," ujarnya.

Baca juga: BPJS Kesehatan selidiki dugaan kebocoran data, perkuat sistem keamanan

Saat ini, ia sudah tak melihat lagi adanya perbedaan pelayanan di rumah sakit, baik mereka yang merupakan pasien umum maupun peserta JKN-KIS.

"Pengalaman saya waktu itu, saya melihat baik petugas di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan petugas di rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan JKN-KIS juga tidak membeda-bedakan antara pasien umum ataupun peserta JKN-KIS, serta obat yang diberikan pun juga sangat manjur," katanya.

BPJS Kesehatan juga memberikan kemudahan untuk mengakses pelayanan kesehatan, apalagi dengan adanya aplikasi Mobile JKN yang mempermudah untuk mengubah fasilitas kesehatan, konsultasi dokter, pendaftaran pelayanan, dan lain-lain.

Ia mengucapkan rasa terima kasih kepada BPJS Kesehatan.

Menurut dia, BPJS Kesehatan telah banyak membantu tidak hanya kepada keluarganya, melainkan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

"Kehadiran program JKN-KIS sangat membantu masyarakat luas. Dengan adanya program JKN-KIS, masyarakat tidak perlu khawatir apabila terkena sakit mendadak dan tidak memiliki biaya," kata dia.

Baca juga: Menkominfo: Investigasi dugaan kebocoran data BPJS masih berlanjut
Baca juga: Polri dalami kemungkinan peretasan data BPJS Kesehatan

Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar