UMP dipercaya Kemendikbud selenggarakan Diklat Calon Kepala Sekolah

id fkip ump, diklat calon kepala sekolah

UMP dipercaya Kemendikbud selenggarakan Diklat Calon Kepala Sekolah

Rektor UMP Dr Jebul Suroso saat membuka tahapan IST 1 dalam rangkaian kegiatan Diklat Calon Kepala Sekolah se-Kabupaten Purbalingga di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. ANTARA/HO-UMP.

Purwokerto (ANTARA) - Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, kembali dipercaya oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi untuk menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Calon Kepala Sekolah.

"FKIP UMP telah dipercaya oleh Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LPPKSPS) Kemendikbudristek sebagai lembaga penyelenggara Diklat Calon Kepala Sekolah sejak tahun 2018. Tahun ini, kembali dipercaya untuk menyelenggarakan diklat," kata Ketua Lembaga Penyelenggara Diklat dan Penanggung Jawab Kegiatan dari UMP Saefurrohman PhD di Purwokerto, Kamis.

Baca juga: Dosen UMP bangga PathGen wakili Indonesia di ajang XTC

Dalam hal ini, kata dia, Lembaga Penyelenggara Diklat FKIP UMP pada awal bulan Mei 2021 melayani Diklat Calon Kepala Sekolah Kabupaten Purbalingga yang diikuti 44 orang terdiri atas 33 orang dari tingkat sekolah dasar dan enam orang dari sekolah menengah pertama.

Ia mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam empat tahapan, yakni On The Job Training (OJT) 1 pada tanggal 3 Mei 2021 di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga dengan 20 jam perjalanan.

Selanjutnya tahap In Service Training (IST) 1 pada tanggal 16-21 Mei 2021 di salah satu hotel Purwokerto sebanyak 50 jam pelajaran.

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Purwokerto gelar wisuda luring dan daring

"Tahap berikutnya adalah OJT 2 dengan jumlah 200 jam pelajaran dan diakhiri dengan kegiatan IST 2 sebanyak 30 jam pelajaran yang Insya Allah akan dilaksanakan pada bulan Juli 2021," katanya.

Saefurrohman mengatakan seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat karena setiap peserta dan panitia harus menjalani tes antigen lebih dulu serta dinyatakan negatif dari COVID-19.

Menurut dia, Diklat Calon Kepala Sekolah yang ditujukan untuk memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman bagi para calon kepala sekolah tersebut dilayani oleh tiga orang pengajar yang seluruhnya berasal dari UMP.

Baca juga: Satu keluarga diwisuda bareng di Universitas Muhammadiyah Purwokerto

"Alhamdulillah, kami dipercaya menjadi penyelenggara Diklat di tengah pandemi. Semua peserta dan panitia harus menjalani tes antigen terlebih dahulu dan semuanya negatif. Semoga kegiatan dapat terus berjalan lancar hingga akhir," katanya.

Sementara saat memberikan materi mengenai Kebijakan Kemendibudristek sebagai materi pembuka tahapan IST 1, Rektor UMP Dr Jebul Suroso mengajak seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan gembira dan bahagia.

"Dengan demikian, nantinya dapat mengimplementasikan hasil Diklat dengan baik di sekolah masing-masing," katanya.

Baca juga: Anak penjual jamu disumpah jadi dokter di UMP

Pewarta : Sumarwoto
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar