Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah daerah Malang Raya yang merupakan gabungan dari Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu, sepakat untuk memperkuat sinergi dan kerja sama di berbagai bidang, yang salah satunya mencakup sektor pariwisata.

Kepala Bakorwil III Malang Sjaichul Ghulam mengatakan bahwa, letak Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu sangat berdekatan, sehingga dibutuhkan sinergi untuk memperkuat kerja sama tiga daerah tersebut.

"MoU antara tiga daerah ini, dijadikan dasar untuk kerja sama. Ini merupakan dasar untuk memberikan manfaat di Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu," kata Sjaichul, di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis.

Dalam penandatanganan kerja sama tiga daerah tersebut, dihadiri oleh Wali Kota Malang Sutiaji, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, dan Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso.

Penandatanganan MoU tersebut, terkait dengan kerja sama pembangunan daerah di wilayah Malang Raya. Kerja sama tiga daerah tersebut, merupakan perpanjangan kesepakatan bersama, dalam rangka mewujudkan Malang Raya Maju bersama.

Kerja sama itu, selaras dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 Tahun 2018 Tentang Kerja Sama Daerah. Diharapkan, sinergi tersebut bisa menjadi dasar kerja sama, yang diharapkan mampu mendorong pembangunan di tiga wilayah itu.

Wali Kota Malang Sutiaji menambahkan, sinergi tiga daerah tersebut, nantinya tidak hanya berkaitan dengan pembangunan saja. Namun juga, akan dilakukan penguatan-penguatan pada sektor-sektor tertentu, seperti pariwisata, dan termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Bukan hanya sinergi pembangunan saja saya kira, tapi juga berkaitan dengan penguatan UMKM, kebijakan daerah, termasuk pariwisata," kata Sutiaji.

Terkait dengan sektor pariwisata, lanjut Sutiaji, untuk penguatan promosi daerah, rencananya tiga daerah tersebut akan mempromosikan potensi wilayah Malang Raya, dan tidak dilakukan secara terpisah pada masing-masing wilayah.

"Malang Raya bisa menyuguhkan banyak potensi pariwisata. Jadi, bisa menjadi satu, yang bisa meminimalisasi biaya, namun memiliki dampak yang lebih kuat," kata Sutiaji.

Wilayah Malang Raya yang merupakan gabungan antara Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu, memiliki potensi yang sangat besar pada sektor pariwisata. Kota Malang, memiliki potensi wisata kuliner, dan juga wisata perkotaan.

Sementara untuk Kabupaten Malang, memiliki potensi pada sektor wisata alam, dengan banyaknya daerah tujuan wisata alam di wilayah tersebut, dan Kota Batu, salah satu potensi wisatanya adalah hadirnya wahana wisata yang juga mampu menarik perhatian wisatawan.
Baca juga: Menparekraf berdialog dengan pelaku pariwisata Malang Raya
Baca juga: Menko Luhut siap fasilitasi potensi ekonomi Malang Raya

 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021