Cisarua, Bogor (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno bersama Selebriti Raffi Ahmad menyosialisasikan program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 di Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat.

"Kami mengajak kepada pemerintah daerah, agar mulai menggali potensi-potensi wisata yang ada di wilayah, untuk kemudian digunakan menjadi salah satu ujung tombak untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," ungkap Sandiaga saat meninjau Desa Wisata Tugu Selatan.

Ia dan Raffi mengunjungi pusat kerajinan tangan, lukisan bakar, hingga proses pembuatan batik khas Desa Tugu Selatan.

Baca juga: Menparekraf dorong pengembangan wisata edukasi di Ubud Bali

Menurutnya, penganugerahan tersebut sebagai salah satu upaya pemerintah dalam mendongkrak potensi wisata daerah berbasis desa.

Sandi berharap, program tersebut mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan serta mampu mendorong pembangunan daerah berikut kesejahteraan rakyat.

Ia menilai bahwa desa wisata merupakan salah satu elemen pariwisata yang cukup menjanjikan. Mengingat setiap desa di daerah memiliki kearifan lokal, adat, budaya dan tradisi yang berbeda-beda, yang bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk dapat mendatangkan wisatawan.

Menurutnya, ajang Anugerah Desa Wisata 2021 merupakan bentuk keberpihakan pemerintah dalam pemulihan sektor parekraf nasional dan merupakan program unggulan Kemenparekraf untuk membangkitkan semangat para pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Jadi jangan lupa, daftarkan desa kalian di Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 di laman www.jadesta.com/adwi2021 sampai 26 Juni 2021 mendatang dengan total hadiah miliaran rupiah," kata dia.

Baca juga: Kemenparekraf gelar "Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021"
Baca juga: Menparekraf ajak masyarakat ikuti Anugerah Desa Wisata 2021

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021