HP beri pelatihan keterampilan tenaga pendidik lewat "Semangat Guru"

id HP,Semangat Guru,Pelatihan Guru,Pelatihan keterampilan,Kemendikbud

HP beri pelatihan keterampilan tenaga pendidik lewat "Semangat Guru"

Managing Director HP Indonesia Fiona Lee dalam peluncuran program "Semangat Guru" yang digelar virtual, Senin (31/5/2021) (ANTARA/HO-HP)

Jakarta (ANTARA) - HP meluncurkan program pelatihan keterampilan untuk tenaga pendidik bertajuk "Semangat Guru", sebuah seri pembelajaran virtual yang bertujuan meningkatkan kesetaraan pembelajaran dan digital di Indonesia.

"Kami di HP percaya bahwa pendidikan adalah hak dasar manusia, dan kami berkomitmen untuk memastikan kesetaraan pembelajaran dan digital di Indonesia untuk mendukung program pemerintah,” ujar Managing Director HP Indonesia Fiona Lee dalam acara virtual, Senin.

Seri pembelajaran virtual "Semangat Guru" dikembangkan untuk mendukung guru melakukan pembelajaran campuran yang efektif, dan tersedia melalui platform Guru Belajar & Berbagi milik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Program tersebut menggunakan konsep 3E, (educate, engage, entertain), dan tersedia bagi para guru yang terdaftar di platform Guru Belajar & Berbagi. Setiap kelas virtual yang diadakan dapat menampung hingga ribuan peserta.

Terdapat enam episode pembelajaran yang akan dipandu oleh pembicara inspirasional untuk membangun soft skills mulai dari keahlian dalam penggunaan teknologi hingga komunikasi.

Adapun pembicara yang dilibatkan di antaranya Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Iwan Syahril dan Pendiri V&V Communications Vivit Kavi dan Vena Annisa.

Seri pembelajaran virtual "Semangat Guru" diharapkan dapat membantu para guru mendalami bagaimana teknologi dapat digunakan untuk pembelajaran campuran dan diadaptasi untuk berbagai gaya belajar.

Seri ini memiliki beberapa
modul, mencakup penggunaan teknologi dalam berbagai gaya pembelajaran, penggunaan teknologi untuk pembelajaran campuran, tahapan penyusunan konten pembelajaran digital dan penggunaan perangkat teknologi sederhana, dan pendekatan komunikasi yang dapat diterapkan dalam berbagai cara pembelajaran.

Program tersebut akan dimulai pada bulan Juni, dengan membawa semangat Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni.

Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Nunuk Suryani yang turut hadir dalam acara itu mengatakan program "Semangat Guru" dapat membantu mengatasi berbagai kendala yang dihadapi oleh para tenaga pendidik.

"Jika semua guru tergabung dalam program 'Semangat Guru' ini, maka memberikan ruang bagi guru untuk berbagi praktik baik dan meningkatkan softskill mereka," ucap Nunuk.

Dalam kesempatan itu, HP juga meluncurkan HP LIFE dalam Bahasa Indonesia, sebuah program yang membantu wirausahawan dan pemilik usaha kecil mengakses kursus-kursus seperti perencanaan bisnis, pemasaran, hingga cara meningkatkan modal dan pola pikir desain.

HP LIFE dalam Bahasa Indonesia melengkapi tujuh bahasa yang sebelumnya telah tersedia dalam program global tersebut.

"HP LIFE merupakan sumber materi pendidikan yang dapat disesuaikan dan digunakan di lapangan oleh pelatih, pendidik, dan mentor untuk memperkaya kurikulum, mendukung penciptaan bisnis, dan meningkatkan keterampilan kerja," ujar Business Personal System Category Head HP Indonesia Frans Adiredja.

Baca juga: Dell dan HP sebut kekurangan chip pengaruhi persediaan PC tahun ini

Baca juga: HP Inc buka showroom virtual pertama di Indonesia

Baca juga: Daftar hp "entry level" untuk temani momen Lebaran

Pewarta : Fathur Rochman
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar