Bila 2022 dibuka, Belitung tetap prioritaskan calhaj 2020 berangkat

id calon haji,belitung,babel,2021

Bila 2022 dibuka, Belitung tetap prioritaskan calhaj 2020 berangkat

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung, Provinsi Babel, Suyanto (FOTO ANTARA/kasmono)

Belitung, Babel (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memrioritaskan pemberangkatan jamaah calon haji 2020 yang tertunda sebanyak 169 orang pada tahun 2021 ini akibat pandemi COVID-19 jika tahun 2022 diwujudkan.

"Jika pelaksanaan ibadah haji dibuka pada tahun depan (2022) maka yang diprioritaskan tetap calon jamaah haji dari Belitung tahun 2020 sebanyak 169 orang untuk diberangkatkan," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung, Suyanto di Tanjung Pandan, Jumat.

Menurut dia, sebelumnya kantor Kementerian Agama Belitung telah memrioritaskan keberangkatan jamaah calon haji tahun 2020 menuju Tanah Suci pada pelaksanaan haji tahun ini.

Namun, kata dia, hal tersebut kembali tertunda seiring keluarnya Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor: 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 Hijriah.

"Dengan dua kali ditundanya keberangkatan jamaah calon haji tahun 2020 kami sangat berharap pada tahun depan jika pelaksanaan ibadah haji dibuka untuk Indonesia maka mereka bisa diberangkatkan," katanya.

Dikatakannya bahwa  penundaan tersebut juga akan menambah daftar tunggu haji di daerah itu yang saat ini mencapai 22 tahun.

"Kami berharap nanti ada penambahan kuota sehingga dapat menambah jumlah jamaah yang berangkat," katanya.

Ia berharap kepada 169 jamaah calon haji asal daerah itu yang keberangkatannya tertunda pada tahun ini dapat bersabar dan ikhlas menerima keputusan tersebut.

"Alhamdulillah 169 calon haji asal Belitung sekarang ini kondisinya sehat kami juga terus berkomunikasi melalui pesan dan dalam waktu dekat akan kami undang untuk menyampaikan penjelasan terkait pembatalan keberangkatan ibadah haji tahun ini," demikia Suyanto.

Baca juga: Daftar tunggu calhaj di Belitung hingga 2038

Baca juga: Pemerintah kembali tidak berangkatkan jamaah haji 1442 Hijriah

Baca juga: 30 JCH Belitung katagori beresiko tinggi


Baca juga: Travel haji dan umrah di Kalsel sudah prediksi haji tahun ini gagal

Pewarta : Kasmono
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar