Jakarta (ANTARA) - Dua pemain Manchester City Ruben Dias dan Phil Foden dinobatkan sebagai pemain terbaik dan pemain muda terbaik Liga Premier musim ini, sedangkan pelatih mereka Pep Guardiola menjadi manajer terbaik Liga Inggris.

Bek Ruben Dias menjadi pemain kedua Portugal yang mendapatkan anugerah itu setelah mantan bintang Manchester United Cristiano Ronaldo.

Bulan lalu bek tengah itu juga dinobatkan sebagai pemain terbaik Inggris oleh Football Writers' Association menyusul debut menawan setelah pindah dari Benfica tahun lalu.

Baca juga: Manchester City resmi selesaikan transfer Ruben Dias dari Benfica

Dias memainkan peran sentral dalam mengantarkan City menjuarai Liga Premier ketiganya dalam kurun empat tahun, selain juga menjuarai Piala Liga dan mengantarkan City ke final Liga Champions.

Pemain berusia 24 tahun itu juga dipilih masuk Tim Terbaik pilihan Professional Footballers' Association (PFA).

Dias menjadi bek keempat yang dinobatkan sebagai pemain terbaik oleh publik, para kapten 20 klub Liga Premier dan panel pakar, setelah mantan bek Manchester United Nemanja Vidic, mantan kapten City Vincent Kompany dan bek Liverpool Virgil van Dijk.

Baca juga: Pep Guardiola: cepat atau lambat Ruben Dias akan jadi kapten Man City

Nomine lainnya untuk penghargaan ini musim ini adalah Kevin De Bruyne, Bruno Fernandes, Jack Grealish, Harry Kane, Mason Mount, Mohamed Salah dan Tomas Soucek.

Foden tampil 28 kali membela City yang menuntaskan sembilan gol dan lima assist sehingga memperoleh jatah dalam skuad Inggris untuk Piala Eropa.

Gelandang berusia 21 tahun itu juga dicalonkan sebagai pemain terbaik pilihan PFA bersama Dias, selain sebagai calon pemain muda terbaik yang pemenangnya diumumkan Minggu.

Baca juga: Phil Foden calon pemain terbaik dan pemain muda terbaik Inggris
Baca juga: Fernandinho nilai Phil Foden kian dewasa dan tumbuh pesat


Guardiola memenangkan anugerah manajer terbaik pada musim 2017-2018 dan kembali melakukannya pada musim 2018-2019 ketika dia membawa City berturut-turut menjuarai liga.

Di bawah kepelatihan pria Spanyol ini City kebobolan gol paling sedikit musim ini (32 gol) dan menjaga clean sheet dalam separuh dari jumlah laga musim ini (19) untuk finis 12 poin United.

Guardiola memenangkan anugerah ini setelah menyisihkan Marcelo Bielsa (Leeds United), David Moyes (West Ham United), Brendan Rodgers (Leicester City) dan Ole Gunnar Solskjaer (Manchester United).
 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021