Progres pembangunan Jakarta International Stadium capai 58 persen

id Jis,Jakarta International Stadium ,Jakpro,Jakarta Propertindo,aa

Progres pembangunan Jakarta International Stadium capai 58 persen

Pekerja Jakarta International Stadium (JIS) mengamati struktur atap stadion yang saat ini telah memasuki tahap pengangkatan, Senin (7/6/2021). ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat/aa.

Jakarta (ANTARA) - BUMD DKI PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mengungkapkan progres pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara, telah mencapai 58,22 persen.

Manager Konstruksi Jakarta International Stadium M Rizki Fauzi Sentosa kepada Antara di Jakarta, Senin, mengatakan pengerjaan JIS terkendala faktor eksternal saat masa pandemi COVID-19.

Baca juga: Atap JIS diperkirakan selesai dipasang pada 5 Juli

"Memang yang sangat menghambat ini pandemi COVID-19, kita banyak memakai material impor, karena negara asalnya 'lockdown' sehingga material itu tidak bisa dikirim sesuai target kita," kata Rizki kepada Antara di Jakarta International Stadium, Jakarta Utara, Senin..

Sedangkan faktor kedua adalah kebijakan larangan mudik yang membuat banyak pekerja proyek JIS mudik lebih awal.

"Kemarin ada larangan mudik dan pekerja malah mudik lebih awal. Kekurangan tenaga karena libur panjang ini juga yang tidak bisa dihindari," ujarnya.

Baca juga: Jakpro: Pengangkatan atap baja JIS pertimbangkan keselamatan warga

Meski demikian Rizki menambahkan untuk faktor tenaga kerja sudah teratasi pada tempo dua hingga tiga pekan setelah lebaran dan saat ini ada sebanyak 1.000 pekerja yang mengerjakan proyek pembangunan JIS.
Manager Konstruksi Jakarta International Stadium M Rizki Fauzi Sentosa memperlihatkan maket Jakarta International Stadium, Senin (7/6/2021). ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat


Lebih lanjut dia menyampaikan saat ini JIS sudah memasuki tahap pengangkatan atap stadion.

Harapannya dengan selesainya pengangkatan atap stadion tersebut tren progres pembangunan JIS bisa kembali ke angka positif.

"Diharapkan ketika atap diangkat kita bisa menuju tren positif karena memang atap itu progresnya cukup besar bisa 10 persen lebih," kata Rizki.

Rizky mengatakan dengan terangkatnya atap stadion, pekerjaan di bawah atap yang sempat terhalang seperti pembangunan tribun dan lapangan bisa dikebut.

Baca juga: Jakpro berupaya persuasif terhadap warga yang bertahan di sekitar JIS

Pengangkatan rangka utama atap di proyek Jakarta International Stadium itu sendiri diperkirakan rampung pada 5 Juli 2021.

Komposisi rangka atap baja yang terdiri atas rangka utama dan pengisi rangka utama mencapai 3.900 ton dengan bentang mencapai 267 meter.

Struktur atap tersebut nantinya juga akan dilengkapi dengan mekanisme untuk buka tutup atap stadion.

Pewarta : Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar