dengan terangkatnya atap stadion, pekerjaan di bawah atap yang sempat terhalang seperti pembangunan tribun dan lapangan bisa dikebut
Jakarta (ANTARA) - BUMD DKI PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menyatakan dua lapangan latih Jakarta International Stadium (JIS) sudah bisa digunakan pada Juli 2021

"Posibility (kemungkinan)nya di bulan Juli sudah bisa dimanfaatkan," kata Manager Konstruksi JIS M Rizki Fauzi Sentosa di Jakarta International Stadium, Selasa.

Baca juga: JIS akan dilengkapi jalur khusus sepeda

Rizki mengungkapkan lapangan latih tersebut sudah diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Desember lalu.

Saat ini pihak kontraktor yang mengerjakan lapangan latih tersebut sedang menunggu rumput di lapangan latih tersebut tumbuh hingga siap digunakan pada bulan Juli.

"Kita masih menunggu growth period rumput, karena memang rumput butuh waktu untuk tumbuh, kemudian training ke operator sebelum melakukan pengoperasian, karena tidak mungkin operator langsung mengoperasikan stadion tanpa kita latih dulu," tambahnya.

Baca juga: Progres pembangunan Jakarta International Stadium capai 58 persen

Adapun fasilitas dua lapangan latih JIS tersebut adalah sebagai berikut, pertama dua lapangan dengan standar internasional dengan 95 persen rumput alami dan 5 persen rumput sintetis yang dilengkapi sistem penyiram otomatis.

Kemudian empat ruang ganti untuk empat tim bertanding, loker dan ruang mandi dengan air hangat serta tribun untuk penonton dengan kapasitas 300 orang.

"Kita juga siapkan area dan kursi khusus difabel itu posisinya di depan, ada tandanya sehinga kawan-kawan difabel tetap bisa menikmati pertandingan di lapangan latih juga," pungkasnya.

Terkait pembangunan stadion utama JIS Rizki mengatakan progresnya telah mencapai 58 persen. Dia menyampaikan saat ini JIS sudah memasuki tahap pengangkatan atap stadion.

Baca juga: Atap JIS diperkirakan selesai dipasang pada 5 Juli

Harapannya dengan selesainya pengangkatan atap stadion tersebut tren  pembangunan JIS bisa kembali ke angka positif.

"Diharapkan ketika atap diangkat kita bisa menuju tren positif karena memang atap itu progresnya cukup besar bisa 10 persen lebih," kata Rizki.

Rizky mengatakan dengan terangkatnya atap stadion, pekerjaan di bawah atap yang sempat terhalang seperti pembangunan tribun dan lapangan bisa dikebut.

Proses pengangkatan rangka utama atap di proyek Jakarta International Stadium itu sendiri diperkirakan rampung pada 5 Juli 2021.

Komposisi rangka atap baja yang terdiri atas rangka utama dan pengisi rangka utama mencapai 3.900 ton dengan bentang mencapai 267 meter.

Struktur atap tersebut nantinya juga akan dilengkapi dengan mekanisme untuk buka tutup atap stadion.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021