Kerugian akibat kebakaran ini ditaksir mencapai Rp9 miliar
Medan (ANTARA) - Kebakaran terjadi di Pasar Tradisional Kota Pinang di Kabupaten Labuhan Batu Selatan (Labusel), Sumatera Utara, menghanguskan sebanyak 296 kios di pasar itu.
 
"Kerugian akibat kebakaran ini ditaksir mencapai Rp9 miliar," kata Kapolsekta Kota Pinang AKP Bambang Gunanti di Labusel, Selasa.
 
Ia mengatakan bahwa peristiwa kebakaran itu dilaporkan kepada petugas pemadam kebakaran pada Senin (7/6) sekitar pukul 20.00 WIB.

Baca juga: 500 lebih kios di Pasar Berastagi ludes terbakar
 
Petugas dibantu masyarakat setempat berhasil memadamkan api pada Selasa (8/6) sekitar pukul 01.00 WIB.
 
Mengenai penyebab kebakaran, pihaknya belum mengetahui secara pasti dan masih berkoordinasi dengan tim dari polres setempat untuk mengecek ke tempat kejadian perkara (TKP).
 
"Kalau aktivitas di sana, untuk yang kiosnya ya tak ada kegiatan. Masih kita 'police line'. Kalau yang kiosnya terbakar dan ada yang masih bisa dipergunakan, mau ambil ya kita persilakan," ujarnya.

Baca juga: Tiga orang terluka dalam kebakaran dapur minyak mentah di Sumut

Baca juga: 14 rumah di kompleks Asrama Brimob Polda Sumatera Utara terbakar
 
Akibat kebakaran itu, ia mengatakan bahwa tahanan sel Polsekta Kota Pinang terpaksa dipindahkan ke lembaga pemasyarakatan. 
 
"Antisipasi awal kita memang tadi malam tahanan itu kita evakuasi, kita pindahkan ke Lapas Kota Pinang. Tapi hingga siang ini sudah diambil kembali, ada 16 orang tahanan kita," katanya.

Baca juga: Pelajar di Medan diberi pelatihan mitigasi bencana kebakaran oleh ACT

Baca juga: Korban kebakaran di Sibolga-Sumut dipasok bantuan dari pemerintah
 
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021