12 anggota timnas Venezuela COVID-19 sehari jelang Copa America dibuka

id copa america 2021,timnas venezuela,copa america

12 anggota timnas Venezuela COVID-19 sehari jelang Copa America dibuka

Pemandangan umum Stadion Mane Garrincha di Brasilia, Brazil, pada Rabu (9/6/2021). Stadion itu akan menjadi lokasi laga pembukaan Copa America 2021 antara Brazil vs Venezuela pada Minggu (13/6/2021). ANTARA/REUTERS/Ueslei Marcelino.

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 12 orang anggota kontingen tim nasional Venezuela dites positif COVID-19 sehari jelang mereka melakoni laga pembukaan Copa America 2021.

"12 orang itu termasuk pemain dan staf pelatih," demikian pernyataan Sekretariat Kesehatan Brazil di Brasilia sebagaimana dilansir Reuters, Sabtu malam tadi.

"Seluruhnya tanpa gejala dan sudah menjalani isolasi terpisah dipantau tim dari CONMEBOL dan petugas kesehatan lokal," tulis pernyataan yang sama.

Baca juga: Copa America 2020 yang terlupakan nan kontroversial

Diagnosa itu ditemukan oleh konfederasi sepak bola Amerika Latin, CONMEBOL, pada Jumat (11/6) malam setempat yang segera menginformasikan kepada otoritas kesehatan lokal.

Venezuela sedianya akan menghadapi tuan rumah sekaligus juara bertahan Brazil pada Minggu petang di Stadion Mane Garrincha, Brasilia, dalam laga pembukaan turnamen.

Turnamen internasional tertua itu diikuti 10 negara Amerika Latin dan dipindahkan pada menit-menit akhir ke Brazil setelah Argentina mundur karena lonjakan kasus COVID-19 dan Kolombia batal jadi tuan rumah akibat gelombang protes sosial.

Brazil sepakat jadi tuan rumah Copa America kendati negara itu juga dilanda lonjakan kasus COVID-19. Sedikitnya 484.235 orang di Brazil meninggal akibat COVID-19, jumlah terbanyak kedua sedunia setelah Amerika Serikat, setelah 2.216 orang lagi meninggal pada Jumat.

Baca juga: Mahkamah Agung tolak gugatan pembatalan Copa America di Brazil
Baca juga: Pemain timnas Brazil kritik Copa America
Baca juga: Argentina pastikan ikut Copa America meski dilanda pandemi

Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar