Jakarta (ANTARA) - Sambil terus menyediakan program vaksinasi terluas di industri bagi mitra driver-nya yang sudah dilakukan di 29 kota di Indonesia, kali ini Gojek menjadikan GoFood sebagai layanan pesan antar makanan pertama di Indonesia yang memfasilitasi proses pendaftaran vaksinasi kepada ribuan mitra usaha dan karyawan restorannya diawali di DKI Jakarta dan Kota Batam.

Inisiatif yang dilakukan GoFood untuk mitra usahanya tersebut sejalan dengan program percepatan vaksinasi yang digalakkan pemerintah kepada pelaku ekonomi kreatif, termasuk UMKM kuliner, untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 dalam rangka penanggulangan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Baca juga: Saling untung, kenali model kerja sama pesan-antar makanan online

Jumlah mitra usaha (pemilik dan karyawan) yang disasar GoFood untuk vaksinasi di Sentra Vaksinasi Kemenparekraf di Jakarta mencapai sekitar 5.000 mitra, dengan periode vaksin dosis pertama pada 14-26 Juni 2021. Sementara, vaksinasi bagi ratusan mitra usaha GoFood di Batam sendiri sudah dilaksanakan tanggal 8-9 Juni 2021.

Chief of Public Policy and Government Relations Gojek, Shinto Nugroho, dalam keterangannya dikutip Jumat mengatakan, "Kami sangat antusias saat diberikan kesempatan untuk memfasilitasi ribuan mitra UMKM GoFood dalam vaksinasi COVID-19."

"Inisiatif ini menjadi yang pertama kalinya dilakukan oleh penyedia layanan pesan antar makanan di Indonesia bagi para mitranya. Kami berharap, upaya ini tidak hanya bisa melindungi mitra usaha dan keluarganya, tapi juga melindungi seluruh ekosistem, termasuk pelanggan dan pengguna setia layanan Gojek," kata Shinto.
Baca juga: GoFood ubah komisi, Kemenkop UKM sebut wajar
Gojek fasilitasi ribuan mitra GoFood Jakarta & Batam (ANTARA/HO)


“Kami mengapresiasi langkah pemerintah (Kemenparekraf dan Pemprov DKI Jakarta, Dinas Kesehatan Batam) yang telah menargetkan UMKM kami sebagai penerima vaksin Kami optimis, upaya vaksinasi ini bisa meningkatkan keamanan layanan pesan antar makanan GoFood yang terus menjadi prioritas kami sejak awal pandemi," lanjut Shinto.

Selama pelaksanaan vaksinasi, GoFood juga mendistribusikan makanan kepada tenaga kesehatan di Sentra Vaksinasi Kemenparekraf RI, tiket.com, dan Loket.com sejumlah 50 porsi makanan setiap harinya.

Selanjutnya, sejalan dengan imbauan dan edukasi untuk penerapan protokol kesehatan ketat oleh para pelaku usaha, GoFood juga akan membagikan "care kit" (berisi safety seal atau selotip pengaman, kartu informasi suhu, dll) kepada mitra usaha kuliner GoFood yang telah divaksin.

Mitra Usaha GoFood, Reza Firmanda, pemilik restoran AyamAyaman meyakini vaksinasi akan mendukung mitra usaha dalam berkegiatan usaha sehari-hari dan utamanya dalam memberikan layanan yang aman kepada pelanggan. Ia pun berharap ke depan para mitra GoFood lainnya dapat mempergunakan kesempatan yang diberikan dan ikut melakukan vaksinasi.

“Terima kasih GoFood sudah memfasilitasi vaksinasi untuk kami dan para karyawan. Kami senang GoFood sangat perhatian kepada mitra usahanya. Proses pendaftaran hingga vaksinasi terbilang sangat efisien," kata Reza.

Sejak awal pandemi, GoFood konsisten mengedepankan protokol kesehatan dalam layanannya. Fasilitas akses vaksin untuk mitra usaha merupakan bagian dari komitmen jangka panjang dan menyeluruh Gojek guna melindungi ekosistemnya sejak awal pandemi, mengikuti pemberian vaksinasi bagi mitra driver yang telah berjalan sejak Maret 2021.

Sesuai anjuran BPOM dan WHO, GoFood mengimbau dan mengedukasi mitra usaha tentang penerapan protokol kesehatan. Lebih lanjut, GoFood juga turut mendukung program Kemenparekraf dengan senantiasa melakukan edukasi dan sosialisasi tentang Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE) pada mitra usaha GoFood melalui berbagai kanal komunikasi.

Untuk melindungi kemasan makanan dan minuman, GoFood juga mendistribusikan aset digital penunjang prokes, seperti safety seal atau selotip pengaman. Selain itu, GoFood juga memberikan visibilitas di halaman aplikasi GoFood bagi resto yang memenuhi 3 dari 6 syarat sebagai Resto dengan ‘Prosedur Kesehatan Ketat’.


Baca juga: GoFood dan TikTok beri edukasi pemasaran digital untuk UMKM kuliner

Baca juga: Kumpulan aplikasi pesan makanan sahur dan buka puasa

Baca juga: Promosi dan diskon jadi andalan untuk berbisnis kuliner secara daring

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021