Jakarta (ANTARA) - Ratusan personel gabungan dari TNI, Polri dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melaksanakan apel bersama usai hujan deras yang mengguyur Lapangan Silang Monas Jakarta Pusat pada Jumat sore.

Apel gabungan ini dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji serta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta.

Apel dipimpin oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies tiba di Lapangan Monas sekitar pukul 17.22 mengenakan seragam Satpol PP.

"Kami dari jajaran Forkopimda, Pak Kapolda Metro Jaya, Pak Pangdam Jaya, melaksanakan apel bersama. Jakarta saat ini sedang dalam pandemi dan kondisinya semakin hari semakin mengkhawatirkan," kata Anies dalam apel itu.

Usai memberikan sambutan, Anies melakukan pengecekan kesiapan personil di lapangan, mengingat mulai malam ini akan dilakukan penegakan protokol kesehatan.

Baca juga: Penanganan COVID-19 di Jaksel fokus disiplin prokes dan vaksinasi
Baca juga: 700 warga jalani vaksinasi di Polsek Pasar Minggu


Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di mengatakan DKI Jakarta diketahui kembali mencatat penambahan kasus harian positif per Kamis (17/6) sebanyak 4.144 kasus.

Hal itulah yang mendorong Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya dan Satpol PP Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan pengetatan protokol kesehatan (prokes) di tengah masyarakat.

"Kita lakukan perketatan prokes kepada masyarakat Jakarta ini dengan operasi yustisi kita preemtif, preventif strike yang kita lakukan," tambahnya.

Adapun langkah yang akan dilakukan dalam patroli protokol kesehatan tersebut antara lain menegakkan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta membatasi mobilitas.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021