Warga terkonfirmasi positif COVID-19 ini diketahui berdasarkan hasil tes cepat antigen massal di puskesmas, dan sebagian dari hasil tes cepat antigen di lokasi penyekatan di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan
Pamekasan, Jatim (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Minggu malam melaporkan tambahan delapan kasus aktif baru COVID-19 sehingga total jumlah kasus aktif di wilayah itu mencapai 76 orang.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemkab Pamekasan Arif Rachmansyah, kedelapan kasus aktif baru tersebut berasal dari tiga kecamatan, yakni Kecamatan Tlanakan, Larangan dan Kecamatan Pamekasan.

"Dari Kecamatan Tlanakan satu orang, Larangan dua orang dan dari Kecamatan Pamekasan sebanyak lima orang," katanya.

Warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 ini diketahui berdasarkan hasil tes cepat antigen massal yang digelar di masing-masing puskesmas, dan sebagian dari hasil tes cepat antigen di lokasi penyekatan di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan.

"Di antara delapan orang ini, satu di antaranya masih berusia 12 tahun, sedang lainnya di atas 19 tahun," katanya.

Selain melaporkan adanya tambahan kasus aktif baru COVID-19, Pemkab Pamekasan juga melaporkan adanya pasien COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh berdasarkan hasil tes usab.

"Jumlahnya tiga orang, dan mereka berasal dari tiga kecamatan," katanya.

Ketiga orang itu masing-masing berinisial S (67) asal Kecamatan Galis, EK (39) asal Kecamatan Tlanakan dan HA (36) asal Kecamatan Pamekasan.

"Dan per hari ini ada pasien COVID-19 yang meninggal dunia, yakni pasien berinisial UM (67) asal Kecamatan Pamekasan," katanya.

Kasus aktif baru COVID-19 di Kabupaten Pamekasan cenderung meningkat, pascalebaran COVID-19 yang terjadi di Kabupaten Bangkalan.

"Saat ini, peningkatan kewaspadaan dan penegakan disiplin protokol kesehatan terus ditingkatkan, dengan cara menggencarkan operasi pada siang dan malam hari," demikian Arif Rachmansyah.

Baca juga: Cegah meluasnya COVID-19, keluar masuk Pamekasan wajib punya SIKM

Baca juga: Positif di penyekatan Suramadu, Satgas Pamekasan jemput empat warga

Baca juga: Pemkab pulangkan warga Bangkalan positif COVID-19 di Pamekasan

Baca juga: Pemkab Pamekasan laporkan 13 kasus aktif baru COVID-19

 

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021