Jakarta (ANTARA) - PP Perbasi akan kembali menerapkan sistem degradasi terhadap pemain tim nasional bola basket Indonesia dalam pemusatan latihan (pelatnas) FIBA Asia Cup 2021.

Manajer timnas bola basket Indonesia Maulana Fahreza Tamrella mengatakan latihan itu dilakukan dengan serius menatap playoff FIBA Asia Cup 2021 pada 12-14 Agustus mendatang. Jika ada yang tidak sesuai dengan kebutuhan tim, maka mereka akan dipulangkan.

"Rencananya akan ada penambahan pemain mulai Senin (5/7) depan, dan awal Agustus akan ada degradasi pemain," ujar Mocha, sapaan karib Maulana Fahreza Tamrella, dalam rilis Perbasi, Selasa.

Mocha menjelaskan manajemen dan staf pelatih tidak hanya memperhatikan sisi teknis, tetapi juga faktor nonteknis, terutama untuk menjaga suasana hati atau mood pemain agar tetap semangat selama latihan di era pandemi COVID-19.

"Keadaan kasus COVID-19 yang meningkat saat ini sangat menjadi tantangan, namun kami dari manajemen dan coaching staff menjaga agar pemain tidak jenuh dengan melakukan variasi dalam latihan yang berbeda, dan untuk team bonding akan dilakukan sesuai kebutuhan dan prokes yang terjaga," tutur Mocha. 

Baca juga: Pelatnas FIBA Asia Cup 2021 berlakukan promosi-degradasi 
Baca juga: Timnas basket Indonesia diminta tak cepat puas demi FIBA Asia Cup 2021 
 

Timnas bola basket Indonesia sudah mulai kembali berlatih menatap playoff FIBA Asia Cup 2021 sejak Senin (28/6). Namun latihan yang biasanya dilakukan di GBK Arena Senayan, Jakarta, dipindahkan ke The Breeze, BSD, Serpong, Tangerang Selatan.

"Kami latihan di sini (BSD) karena masalah ketersediaan tempat latihan saja," ungkap Asisten Pelatih Timnas Basket Indonesia Wahyu Wijayat Jati.

Meski demikian, pelatnas saat ini belum diikuti oleh seluruh pemain. PP Perbasi memberikan libur kepada delapan pemain finalis Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021 agar bisa kembali berlatih dengan kondisi badan yang fit.

Mereka adalah para pemain Pelita Jaya Bakrie Jakarta Agassi Yeshe Goantara, Vincent Rivaldi Kosasih, Govinda Julian Saputra dan Andakara Prastawa Dhyaksa. Kemudian Hardianus Lakudu, Juan Laurent Kokodiputra, Arki Dikania Wisnu dan Kevin Yonas Argadiba Sitorus dari Satria Muda Pertamina. 

Baca juga: Timnas basket tampil pada playoff FIBA Asia Cup untuk pemanasan 
Baca juga: KONI Pusat siap sukseskan FIBA Asia Cup 2021 
Baca juga: KOI ingatkan pentingnya prestasi timnas dalam FIBA Asia Cup 2021 

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021