Diperkirakan sebanyak 5000an lebih atlet dan ofisial serta panitia pelaksana yang akan datang ke Papua untuk mengikuti Peparnas XVI
Jayapura (ANTARA) - National Paralympic Committee (NPC) Pusat menyebut fasilitas penginapan seperti perhotelan di Provinsi Papua bagi atlet dan ofisial Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI pada 2021 sudah memadai.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi NPC Pusat Slamet Widodo di Jayapura, Rabu, mengatakan hal ini bisa terlihat dari banyaknya hotel dari berbagai tingkatan yang sudah semakin banyak dibangun di Papua.

"Diperkirakan sebanyak 5000an lebih atlet dan ofisial serta panitia pelaksana yang akan datang ke Papua untuk mengikuti Peparnas XVI," katanya.

Baca juga: Kerjasama pengelolaan dana komersial Perparnas XVI Papua resmi diteken

Menurut Slamet, jika dibandingkan dengan jumlah orang yang akan datang untuk Pekan Olahraga Nasional XX sebanyak 20 ribu orang, PB PON telah menyediakan fasilitasnya, maka dengan fasilitas yang ada kini untuk ajang Peparnas sudah cukup memadai.

"Selain itu, hikmah dari penundaan Peparnas 2020 sangat banyak di mana salah satunya persiapan yang dilakukan pun menjadi lebih siap lagi," ujarnya.

Dia menjelaskan tidak hanya itu, arena pertandingan yang ada di Papua pun sudah berstandar internasional sehingga lebih menunjang suksesnya penyelenggaraan Peparnas di Bumi Cenderawasih.

"Yang kini harus dilakukan adalah bagaimana menginformasikan agenda nasional ini agar lebih dikenal dan diketahui oleh masyarakat luas khususnya di Papua," katanya lagi.

Dia menambahkan, Panitia Besar (PB) Peparnas XVI Papua harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih baik, khususnya bagi para atlet penyandang disabilitas yang akan mengikuti ajang olahraga akbar ini dengan segera menyiapkan perlengkapan serta kebutuhannya.

Baca juga: NPC Indonesia berharap 34 Provinsi ikut Peparnas XVI Papua
Baca juga: Pemprov Papua-Kemendagri gelar monev kesiapan PON-Peparnas

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021