Alhamdulillah, kami dipercaya sebagai salah satu institusi yang terbaik. Ini jadi modal kami untuk terus meningkatkan inovasi agar pelayanan pegawai makin optimal
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyabet dua kategori penghargaan yaitu Penilaian Kompetensi (Juara I) serta Perencanaan Kebutuhan, Pelayanan Pengadaan, Kepangkatan dan Pensiun (Juara II) untuk tingkat kementerian tipe B dalam BKN Award 2021.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kementerian ESDM Muhammad Rizwi Jilanisaf Hisjam dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan torehan prestasi itu diraih melalui optimalisasi pelayanan dan pengelolaan manajemen kepegawaian Aparatur Sipil Negara (ASN).

Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku institusi penyelenggara menilai Kementerian ESDM memiliki kinerja yang baik dalam menjalankan program kegiatan dan memperbaiki manajemen ASN.

"Alhamdulillah, kami dipercaya sebagai salah satu institusi yang terbaik. Ini jadi modal kami untuk terus meningkatkan inovasi agar pelayanan pegawai makin optimal," kata Rizwi.

Dalam berbagai kesempatan, imbuhnya, Menteri ESDM Arifin Tasrif berpesan pengelolaan manajemen ASN menjadi fokus utama program di bawah kepemimpinannya, sehingga mampu menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dan adaptif terhadap berbagai dinamika.

"Bila tujuan ini tercapai pelayanan kepada masyarakat akan lebih optimal," tegasnya.

Rizwi berharap prestasi ini mampu menjadi pelecut semangat bagi pengelola kepegawaian unit di lingkungan Kementerian ESDM dalam memberikan pelayanan administrasi kepegawaian yang lebih baik lagi.

BKN Award 2021 merupakan rangkaian acara Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian yang dibuka Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin dan dihadiri secara virtual oleh perwakilan kementerian dan lembaga serta perwakilan pemerintahan provinsi, kabupaten, dan kota seluruh Indonesia.

Selama setahun terakhir BKN  telah memonitor penilaian indeks implementasi Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) manajemen ASN meliputi penyusunan dan penetapan kebutuhan, pengadaan ASN, pengangkatan ASN, pangkat, jabatan, pola karier, pengembangan karier ASN, mutasi, penilaian kinerja, penggajian, tunjangan, dan fasilitasi, penghargaan, disiplin, cuti, kode etik, pemberhentian, jaminan pensiun dan hari tua, pensiun dan perlindungan.

BKN Award 2021 terbagi dalam lima kategori yakni:

1. Kategori I, Perencanaan Formasi & Pelayanan Pengadaan, Kepangkatan, dan Pensiun
2. Kategori II, Implementasi SAPK & Pemanfaatan CAT
3. Kategori III, Penilaian Kompetensi
4. Kategori IV, Implementasi Penilaian Kinerja
5. Kategori V, Komitmen Pengawasan dan Pengendalian

Dalam BKN Award 2021 ini Kementerian ESDM termasuk dalam kategori tipe B dengan pembagian tipe A, B, dan C, dilihat berdasarkan beban kerja dan jumlah pegawai secara keseluruhan.

Ajang ini merupakan tahun ke-7 sejak diluncurkan pada 2015 dengan tujuan memacu kinerja instansi pemerintahan dalam melaksanakan 18  elemen penilaian indeks implementasi NSPK manajemen ASN.

Baca juga: 12 satker Kementerian ESDM raih penghargaan menuju zona bebas korupsi

Baca juga: Kementerian ESDM raih penghargaan Top Public Relations

Baca juga: Kementerian ESDM raih akreditasi A pengadaan barang-jasa

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021