Jakarta (ANTARA) - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI berhasil meraih dua penghargaan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award 2021 tentang manajemen kepegawaian.

"Capaian ini menjadi bukti manajemen kepegawaian Kemenkumham yang sangat baik mulai dari perencanaan kebutuhan, rekrutmen, promosi, mutasi, hingga saat pensiun," kata Sekretaris Jenderal Kemenkumham Komjen Pol Andap Budhi Revianto melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

BKN Award 2021, Kemenkumham mendapatkan peringkat pertama pada penghargaan kategori satu, yaitu perencanaan kebutuhan, pelayanan pengadaan, kepangkatan dan pensiun.

Baca juga: Kementerian ESDM sabet dua kategori penghargaan BKN Award 2021

Kemudian Kemenkumham juga berhasil menduduki peringkat pertama pada kategori kedua implementasi sistem aplikasi pelayanan kepegawaian dan pemanfaatan computer assisted test (CAT)

Ia mengatakan manajemen kepegawaian yang baik akan menghasilkan sumber daya manusia yang baik pula sehingga kualitas kinerja di Kemenkumham terus meningkat.

Baca juga: Pemprov Banten meraih penghargaan BKN Award 2021

Menurut dia, lembaga pemerintah hadir untuk menjadi pelayan publik. Kementerian harus mampu menjawab kebutuhan dan harapan masyarakat yang selalu berkembang. Untuk itu, diperlukan sumber daya manusia yang mampu mengantisipasi serta merespons kebutuhan secara efektif dan efisien.

Sesuai tema rapat koordinasi nasional bertemakan "Transformasi manajemen ASN menuju birokrasi yang dinamis" Kemenkumham berkomitmen membentuk insan pengayoman yang profesional dan berdaya saing tinggi. Tujuannya agar setiap ASN bisa mengemban tugas dan mewujudkan reformasi birokrasi.

"Kita butuh sumber daya manusia yang profesional, berkinerja tinggi, bebas dari KKN, dan memegang teguh kode etik ASN," kata Andap.

Baca juga: Kota Tangerang raih BKN Award manajemen ASN

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021