Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan berduka cita atas meninggalnya kader PAN yang juga anggota DPR RI asal Papua John Siffy Mirin di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Sabtu dinihari.
 
"Sudah sekitar satu minggu mendiang John Mirin berjuang melawan COVID-19, tetapi kesehatannya terus menurun hingga akhirnya meninggal dunia," kata Zulkifli dalam siaran persnya yang diterima, di Jakarta, Sabtu.
 
Dalam seminggu itu, Zulkifli mengaku terus intens berkomunikasi dengan wasekjen dan kader PAN asal Papua, dr Rosaline Irene Rumaseuw, yang menemani mendiang John Mirin dan keluarga. Rosaline terus mengabarkan perkembangan kesehatan John, hingga akhirnya harus dilarikan ke RS Medistra Jakarta.
 
"Saya katakan kepada Rosaline untuk terus mendampingi John dan keluarga," kata Zulhas, sapaan Zulkifli Hasan.
Menurut dia, pada Jumat (2/7), kesehatan mendiang John dikabarkan memburuk. Saturasi oksigennya terus menurun, sehingga harus dibantu ventilator.
 
Sementara karena RS penuh, John masih dirawat di IGD, sambil menunggu kamar ICU yang kosong. Menurut Rosaline, kamar ICU diprioritaskan untuk pasien COVID-19 yang sedang hamil, sehingga pasien lain berada di urutan berikutnya.
 
"Saya pun segera menghubungi Saleh Daulay, ketua Fraksi PAN DPR RI sekaligus anggota Komisi IX, untuk berupaya mencarikan alternatif lain. Berjam-jam Saleh Daulay berupaya, hingga tengah malam, sampai akhirnya saya mendapat kabar pukul 01.15 dini hari tadi bahwa John bisa dipindahkan ke ruang ICU RSPAD Gatot Subroto. Keluarga John pun setuju untuk dipindahkan. Saya minta Saleh dan Rosaline untuk segera mengurus ambulansnya," paparnya.
 
Zulhas mengaku tidak bisa tidur dan terus mendoakan kesembuhan serta keselamatan John Mirin.
 
"Tetapi takdir ternyata berkata lain, pada hari ini (3/7) pukul 03.40 WIB saya mendapatkan telepon dari Rosaline bahwa John Mirin telah wafat. Sedih sekali saya mendengarnya. Ini kabar duka ke sekian kalinya yang menerpa PAN selama pandemi ini," jelas Zulhas.
 
"Selamat jalan kader PAN kebanggaan masyarakat Papua, John Mirin. Semoga tenang di sisiNya, Tuhan memberkati perjuangan John selama ini. Atas nama pribadi dan keluarga besar PAN, saya juga menyampaikan duka cita yang mendalam untuk keluarga yang ditinggalkan. Semoga diberi ketabahan," tuturnya lagi.
 
Zulhas memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Saleh Daulay dan Rosaline Rumaseuw, atas upaya kerasnya membantu mendiang John Mirin.
 
"Semoga mendapatkan balasan yang baik untuk semua yang telah diupayakan selama ini. Duka ini bukan hanya bagi PAN, tetapi bagi Papua dan Indonesia. Semoga menjadi pengingat untuk kita lebih waspada dan saling peduli satu sama lain selama pandemi ini," demikian Zulkifli Hasan.
 
Sementara itu, melalui akun Twitter @DPR_RI segenap pimpinan dan anggota DPR RI serta Sekretariat Jenderal DPR RI mengucapkan turut berduka cita atas wafatnya John Siffy Mirin, Anggota Komisi II DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional, Daerah Pemilihan Papua.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021