terbentuklah ribuan desa yang membentuk relawan desa
Jakarta (ANTARA) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar meminta kepala desa dan relawan desa lawan COVID-19 meningkatkan penjagaan pos gerbang desa di tengah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa - Bali 3-20 Juli 2021.

"Era PPKM Darurat ini, saya imbau para Kepala Desa dan Relawan Desa Lawan COVID-19 untuk lebih aktifkan Pos Gerbang Desa," kata Mendes PDTT dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Ia mengharapkan pos jaga itu terpantau selama 24 jam agar arus keluar masuk warga terdata, khususnya perantau yang kembali ke desa dan tamu.

Dalam pendataan itu, lanjut dia, diharapkan juga disertai statusnya, baik sebagai orang dalam pemantauan (ODP) atau pasien dalam pengawasan (PDP).

Namun, ia mengimbau, sebaiknya warga desa membatasi atau jika memungkinkan melarang dulu orang luar desa untuk masuk dalam wilayah desa.

"Hal ini bertujuan untuk memutus mata rantai penularan COVID-19 yang sedang mengganas saat ini," kata Gus Menteri, demikian ia biasa disapa.

Baca juga: Mendes imbau warga desa menahan aktivitas luar rumah
Baca juga: PPKM Darurat, Pilkades di 49 desa Kabupaten Bandung diundur


Selain itu, lanjut dia, ruang isolasi desa juga sebaiknya diaktifkan kembali. Ruang isolasi ini ditujukan kepada warga desa yang ingin kembali masuk setelah keluar wilayah desa. Apalagi bepergian ke daerah yang termasuk zona merah.

"Alhamdulillah dari regulasi yang kita buat, terbentuklah ribuan desa yang membentuk relawan desa lawan COVID-19," ujar Doktor Honoris Causa dari UNY ini

Gus Menteri juga mengatakan, diterjunkannya relawan desa lawan COVID-19 dalam melakukan berbagai penanganan dan pencegahan penularan COVID-19 di desa diharapkan dapat menekan angka penyebaran kasus. Varian baru COVID-19 belakangan ini berdampak pada peningkatan angka penularan.

Sebelumnya, Gus Menteri mengimbau warga desa untuk menahan aktivitasnya di luar rumah kecuali ada keperluan yang sangat mendesak.

Ia mengatakan salah satu cara agar pandemi COVID-19 ini segera berlalu adalah jika warga desa mulai tertib dan mematuhi protokol kesehatan.

"Kasus COVID-19 semakin meningkat, saya yakin semuanya tidak menginginkan hal ini terjadi, jika semuanya ingin pandemi COVID-19 ini segera berlalu, mari kita mulai dari diri sendiri," ucapnya.

Baca juga: Kemendagri: 39 ribu desa sudah bangun posko PPKM mikro
Baca juga: Kemendes: Relawan desa bantu pelaksanaan PPKM mikro demi tekan kasus
Baca juga: PPKM mikro berbasis desa adat turunkan kasus COVID-19 di Bali


 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021