ACT-MRI kirim bantuan pakan untuk satwa koleksi Taman Umbul Madiun

id ACT Madiun,MRI Madiun,ACT-MRI Madiun,taman wisata umbul madiun,umbul madiun,bantuan pakan satwa umbul,madiun umbul square,pandemi,PPKM,PPKM mikro

ACT-MRI kirim bantuan pakan untuk satwa koleksi Taman Umbul Madiun

Perwakilan ACT da MRI cabang Madiun memberikan bantuan pakan bagi satwa koleksi Taman Wisata Umbul secara simbolis kepada Direktur Madiun Umbul Square Afri Handoko di Madiun, Selasa (6/7/2021). ANTARA/HO-ACT Madiun.

Madiun (ANTARA) - Organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) cabang Madiun, Jawa Timur, mengirimkan bantuan pakan bagi sejumlah satwa koleksi Taman Wisata Umbul Madiun atau Madiun Umbul Square yang terdampak pandemi COVID-19.

"Sama seperti yang lain, Madiun Umbul Square adalah salah satu tempat wisata lokal yang wajib dijaga bersama. Oleh karena itu kami ingin membantu agar para pengurus dan satwa bisa survive melewati pandemi corona ini," ujar Kepala Cabang ACT Madiun Wahyu Sulistianto Putro di Madiun, Selasa.

Menurut dia, bantuan yang diberikan berupa biaya per bulan untuk pakan dan perawatan para satwa selama 3 bulan yang diberikan secara berkala.

"Semoga bantuan yang diberikan tersebut dapat bermanfaat untuk membantu Madiun Umbul Square bertahan di masa pandemi COVID-19," kata Wahyu.

Baca juga: Bentuk KKIPP, ACT Madiun-komunitas deklarasikan pembebasan Palestina

Baca juga: ACT Madiun salurkan bantuan untuk keluarga prajurit KRI Nanggala-402


Direktur Madiun Umbul Square Afri Handoko memberikan apresiasi atas bantuan pakan dan perawatan satwa koleksi Taman Umbul yang diberikan ACT Madiun. Selama pandemi, Taman Umbul banyak tutupnya sebagai imbas dari penerapan PPKM mikro dan darurat.

"Bedanya Umbul dengan yang lain, meski tutup kami masih ada para satwa yang harus dirawat dan dijaga keberlangsungannya," kata Afri Handoko.

Karena tutup, secara langsung pendapatan sebagai sumber dana operasional Taman Umbul otomatis terhenti.

Oleh karena itu, dampak paling nyata adalah kepada para satwa yang menjadi koleksinya. Apalagi, koleksi satwa Umbul kebanyakan merupakan hewan berkategori dilindungi.

Berbagai upaya sudah dilakukan pihak pengelola Taman Umbul untuk operasional perawatan satwa, yakni dengan menggalang donasi mandiri hingga open booth di beberapa tempat sebelum pandemi untuk memenuhi kebutuhan satwa. Karenanya, pihaknya mengucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan tersebut.

Seperti diketahui, Taman Wisata Umbul yang berada di Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun tersebut merupakan salah satu tempat edukasi satwa dan wisata andalan di Kabupaten Madiun.

Tempat wisata itu memiliki kebun binatang mini yang memiliki izin prinsip sebagai lembaga konservasi dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

Koleksi satwa di Kebun Binatang Mini Umbul mencapai 168 ekor terdiri dari jenis mamalia, aves, dan reptil. Selain kebun binatang mini juga terdapat sejumlah wahana permainan anak, seperti water boom, wahana-wahana di area taman, dan kawasan outbound.*

Baca juga: ACT-PPI Madiun salurkan bantuan ke panti asuhan di bulan Ramadhan

Baca juga: ACT Madiun salurkan bantuan pangan bagi pemulung TPA Winongo

Pewarta : Louis Rika Stevani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar