MOU ini tidak eksklusif hanya antara PT JMRB dan MNC Group. Ke depan kami akan membuka jika ada pihak lain yang akan berpartisipasi
Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya, PT Jasamarga Related Business (JMRB), menjalin sinergi dengan MNC Group terkait pengembangan bisnis properti dan konten digital melalui penandatangan nota kesepahaman.

Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga Arsal Ismail mengatakan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) ini merupakan penjajakan awal yang dilakukan oleh PT JMRB sebagai salah satu upaya strategis dari Jasa Marga Group untuk meningkatkan pendapatan dari usaha selain jalan tol.

“MOU ini tidak eksklusif hanya antara PT JMRB dan MNC Group. Ke depan kami akan membuka jika ada pihak lain yang akan berpartisipasi. Memang saat ini MNC Group memiliki rencana bisnis yang sesuai dengan rencana pengembangan PT JMRB ke depannya, sehingga sinergi ini kami harapkan dapat berjalan dengan baik," ujar Arsal dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu.

Jasa Marga sangat membuka potensi kerja sama dengan instansi lainnya terutama dalam pengembangan bisnis properti, rest area dan konten digital. Upaya kerja sama ini menjadi salah satu strategi bagi Jasa Marga Group untuk menyeimbangkan pendapatan dari sektor jalan tol yang terdampak pandemi hingga saat ini.

Sementara itu Direktur Utama PT JMRB Cahyo Satrio Prakoso mengatakan bahwa pihaknya tengah menggencarkan pengembangan sejumlah lini bisnisnya, yakni Toll Corridor Development (TCD), pengembangan dan pengelolaan rest area, pemanfaatan koridor jalan tol untuk iklan dan utilitas, serta konten digital.

Menurutnya, potensi yang dimiliki oleh jalan tol tidak sekadar sebagai infrastruktur mobilisasi bagi arus distribusi barang dan jasa. Oleh karena itu, PT JMRB terus mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh jalan tol, terutama pengembangan kawasan atau koridor di sekitar jalan tol.

“Jasa Marga memiliki hak konsesi jalan tol sepanjang 1.603 Km di seluruh Indonesia, dan PT JMRB dipercaya untuk mengoptimalkan potensi besar yang dimiliki oleh koridor jalan tol tersebut. Untuk itu, kami tengah gencar melakukan kerja sama dengan mitra strategis untuk melakukan pengembangan tersebut, salah satunya dengan MNC Group," kata Cahyo.

Dengan potensi besar yang dimiliki oleh masing-masing pihak, lanjut dia, JMRB berharap kolaborasi ini dapat memberikan kontribusi yang inovatif bagi nusa dan bangsa.

PT JMRB melakukan kerja sama ini dengan PT Bank MNC Internasional Tbk, PT MNC Kapital Indonesia Tbk, PT MNC Vision Networks Tbk, dan PT MNC Land Tbk. Masing-masing menandatangani MOU kerja sama bisnis yang meliputi layanan bank digital, pengembangan ekosistem nontunai, distribusi konten digital untuk para penyewa rest area yang dikelola oleh PT JMRB, serta pengembangan properti.

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan MNC Group telah merencanakan berbagai kolaborasi inovatif yang bertujuan untuk memetik keberhasilan maksimal bagi kedua pihak.

Menurutnya, eksistensi MNC Group dan Jasa Marga Group yang memiliki posisi kuat di Indonesia menjadikan kemitraan yang dijalin sebagai langkah yang besar dan memberikan manfaat signifikan bagi keduanya, terlebih bagi masyarakat Indonesia. Ia juga menilai kerja sama ini dapat mempercepat digitalisasi hingga inklusi keuangan untuk meningkatkan perekonomian nasional

“Produk dan layanan MNC Group akan terintegrasi secara end-to-end dalam ekosistem PT JMRB, yang dapat melengkapi dan memperkuat bisnis Jasa Marga Group dari hulu hingga hilir. Bisnis MNC Group dari sektor media, jasa keuangan, dan entertainment hospitality akan merambah ke berbagai proyek inovatif dari kerja sama strategis ini,” kata Hary.

Baca juga: Jasa Marga maksimalkan pemanfaatan teknologi di semua lini bisnis
Baca juga: Anak usaha Jasa Marga siap kembangkan infrastruktur fiber optic di tol
Baca juga: Jasa Marga gandeng Paramount Land kembangkan kawasan properti di tol

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021