Jakarta (ANTARA) - Festival Film Cannes kembali digelar di Palais des Festivals, setelah tahun lalu sempat ditunda akibat pandemi COVID-19.

Meski demikian, Kyle Buchanan dari New York Times melaporkan penerapan protokol kesehatan di festival itu kacau balau.

Festival bergengsi itu dimulai dengan upacara malam pembukaan yang berlangsung mewah seperti biasanya, menghadirkan nama-nama pesohor seperti presiden juri Spike Lee, Jodie Foster, yang menerima penghargaan Palme d'Or pada malam hari, dan aktris Jessica Chastain dan Helen Mirren.

New York Times melaporkan pada Kamis bahwa protokol kesehatan saat pandemi diterapkan sangat tidak konsisten.

Pengunjung yang divaksinasi dari Uni Eropa dapat bergerak dengan bebas, tetapi warga negara Amerika tetap harus dites untuk virus corona setiap 48 jam, terlepas dari status vaksinasi.

Untuk menghadiri konferensi pers, jurnalis harus menunjukkan hasil tes negatif, meskipun masuk ke film itu sendiri jauh lebih mudah, bioskop hanya meminta penonton untuk mengenakan masker saat berada di dalam, terlepas dari status vaksinasi.

Ada 24 film dalam kompetisi resmi tahun ini, beberapa lebih banyak dari biasanya selama festival yang berlangsung hampir dua minggu. Ada lusinan film tambahan dari seluruh dunia yang diputar di luar kompetisi.

Bagian baru yang disebut Cannes Premieres juga telah diselenggarakan untuk menampilkan film-film pilihan selama setahun yang terlewatkan karena pandemi.

Film malam pembukaannya adalah "Annette" yakni film musikal yang sangat dinanti oleh pembuat film Leos Carax.

Film ini dibintangi aktris Prancis terkenal Marion Cotillard dan Adam Driver sebagai sepasang kekasih. Awalnya dijadwalkan untuk memulai debutnya pada edisi 2020, "Annette" ditunda selama satu tahun karena kesetiaannya kepada Cannes.

Saat "Annette" diputar, tiga perempat dari penonton bioskop melepas masker mereka. Setelah film berakhir, saat tepuk tangan meriah memasuki menit kelima, Driver dan sutradaranya, Leos Carax, keduanya menyalakan rokok di dalam teater.

Para peserta kemudian dibawa ke bus antar-jemput yang penuh sesak dan diangkut ke jamuan makan malam pembukaan di Palm Beach, yang berlangsung setelah tengah malam. Alih-alih pesta dansa ramai yang biasanya berakhir setiap malam di Cannes, festival tersebut telah mendorong peralihan ke makan malam, yang seolah-olah lebih tersebar, beradab, dan aman dari virus corona.

Namun dalam praktiknya, prokes tetap kacau.

Helen Mirren misalnya, sedang membungkuk di atas meja untuk menyambut Gyllenhaal; kemudian, Mirren dan suaminya, Taylor Hackford, duduk di sebelah Andie MacDowell. Di meja di dekatnya, Foster mengobrol dalam bahasa Prancis yang fasih dengan banyak simpatisan, sementara Bong memeluk pemeran utama "Parasite" Song Kang Ho, yang juga menjadi juri Cannes tahun ini.

Baca juga: Musikal "Annette" membuka festival film Cannes

Baca juga: Festival Film Cannes umumkan rangkaian film seleksi resmi 2021

Baca juga: Festival Film Cannes mundurkan jadwal perilisan daftar seleksi film

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021