Sambas (ANTARA News) - Pihak Kepolisian Resor Sambas memberi siraman rohani bagi para tahanan yang mendekam dibalik jeruji besi di Polres Sambas, Senin.

Kepala Bagian Perencanaan Polres Sambas AKP Dahir di Sambas mengatakan, tahanan diimbau untuk mendekatkan diri kepada Tuhan sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.

Dia mengingatkan kepada tahanan yang beragama Islam agar tidak melupakan sholat lima waktu.

Dijelaskan dia, walaupun berada dalam tahanan, mereka dapat melakukan ibadah sesuai agama dan keyakinan masing-masing. AKP Dahir juga berpesan agar ketika para tahanan tersebut bebas dan kembali kepada masyarakat, hendaknya menjadi orang yang berguna bagi masyarakat.

"Paling tidak berguna bagi keluarga dan diri sendiri," katanya.

Ditegaskan dia apa yang terjadi saat ini diharapkan diambil hikmahnya, kesalahan yang telah dilakukan supaya tidak diulangi lagi.

Dia merasa sedih mendengar pengakuan salah seorang tahanan yang mengaku terakhir mengerjakan sholat pada saat dirinya berumur belasan tahun. Sementara saat ini tahanan tersebut telah berumur 40 tahun.

Dahir berharap kepada anggota keluarga yang akan membesuk keluarganya ditahanan Polres Sambas, dapat membawakan tahanan tersebut perlengkapan untuk sholat, seperti sejadah dan lainnya.  (ANT-169/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010