Penambahan jumlah warga yang dinyatakan terkonfirmasi positif ini kembali memecahkan rekor harian di wilayah itu setelah sebelumnya terjadi penambahan 92 kasus baru
Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan jumlah warga daerah itu yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 kembali bertambah sebanyak 161 orang sehingga jumlah totalnya saat ini naik mencapai 1.766 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong Syamsir dalam keterangan di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan penambahan jumlah warga yang dinyatakan terkonfirmasi positif ini kembali memecahkan rekor harian di wilayah itu setelah sebelumnya terjadi penambahan 92 kasus baru.

"Pada hari ini ada penambahan 161 kasus terkonfirmasi positif, sehingga total jumlah warga Rejang Lebong yang terpapar COVID-19 sejak kasus pertama pada Juni 2020 lalu sampai saat ini menjadi 1.766 kasus," katanya.

Dia menjelaskan dari jumlah warga yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 ini sebanyak 1.476 kasus telah selesai menjalani isolasi atau sembuh, kemudian 31 kasus meninggal dunia dan 259 kasus masih menjalani pengawasan baik yang tengah menjalani perawatan di rumah sakit maupun melakukan isolasi mandiri.

Dari 161 kasus baru tersebut, kata dia, sebanyak empat orang tengah menjalani perawatan di rumah sakit diantaranya kasus 1.606 dari Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) dan kasus 1.607 dari Kecamatan Sindang Beliti Ilir (SBI) menjalani perawatan di RS dr Sobirin Musi Rawas, Sumsel, dan kasus 1.704 serta kasus 1.766 dari Kecamatan Curup Tengah menjalani perawatan di RSUD Curup.

Sedangkan 157 pasien lainnya tengah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing diantaranya sebanyak 63 orang dari Kecamatan Curup Tengah, kemudian 18 orang dari Kecamatan Curup Timur, dua orang dari Kecamatan Bermani Ulu Raya (BUR).

Selanjutnya 15 orang dari Kecamatan Curup Utara, 15 orang dari Kecamatan Curup Selatan, dua orang dari Kecamatan Sindang Kelingi, 22 orang dari Kecamatan Selupu Rejang dan 20 orang lainnya dari Kecamatan Curup.

Selain mencatat terjadi penambahan 161 kasus baru, kata Syamsir, juga tercatat sebanyak 56 kasus yang selesai menjalani isolasi atau dinyatakan sembuh terdiri dari delapan orang dari Kecamatan Curup Tengah, 24 orang dari Kecamatan Curup Timur, tiga orang dari Kecamatan Kota Padang.

Kemudian, dua orang dari Kecamatan Curup, satu orang dari Kecamatan Sindang Dataran, 10 orang dari Kecamatan Selupu Rejang, lima orang dari Kecamatan BUR, dua orang dari Kecamatan Curup Selatan dan satu orang dari Kecamatan Bermani Ulu.

Sementara itu untuk jumlah kasus suspek tercatat sebanyak 591 kasus, dengan jumlah suspek di isolasi ada 26 kasus, serta data sampel tes usap (swab) yang telah diperiksa di laboratorium sebanyak 5.371 spesimen.

Masyarakat Rejang Lebong diimbau untuk selalu mematuhi protokol kesehatan 5M dengan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, selalu menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas, demikian Syamsir.


Baca juga: Satgas bubarkan pesta hajatan warga Rejang Lebong

Baca juga: Dinkes sebut satu kelurahan di Rejang Lebong-Bengkulu zona merah

Baca juga: Dinkes: Warga positif COVID-19 bertambah 18 orang

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021