Gubernur Jawa Tengah minta warga yang jalani isoman melapor ke RT/RW

id obat pasien isoman,bantuan obat,penanggulangan covid

Gubernur Jawa Tengah minta warga yang jalani isoman melapor ke RT/RW

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta warga yang menjalani isolasi mandiri karena terserang COVID-19 segera melapor ke pengurus RT/RW untuk memudahkan pemerintah membagikan bantuan obat. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng)

Semarang (ANTARA) -
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) karena terserang COVID-19 segera melapor ke pengurus lingkungan rukun tetangga atau rukun warga (RT/RW) agar petugas pemerintah lebih mudah dalam membagikan bantuan obat dan memantau kondisi mereka.

"Rencana kita dapat paket obat untuk membantu masyarakat yang positif COVID-19. Saya minta bantuan masyarakat, ayo yang saat ini isolasi mandiri di rumah dan belum melapor, segera lapor sekarang," katanya di Semarang, Jumat.

"Kalau ini dilakukan, selain memudahkan pembagian obat juga akan memperbaiki database (data induk) warga yang isolasi mandiri di rumah sehingga harapannya mereka bisa dipantau perkembangannya," ia menambahkan.

Gubernur sudah dengan Kodam IV/Diponegoro untuk mengoptimalkan pendataan warga yang menjalani isolasi mandiri dengan dukungan Bintara Pembina Desa (Babinsa).

"RT/RW dan kades/lurah saya harap segera melaporkan, nanti kami back up (dukung) dengan Pangdam, mudah-mudahan satu atau dua hari laporan sudah masuk," katanya.

Ganjar mengatakan bahwa pemerintah akan membagikan 300 ribu paket obat untuk penderita COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri dan pada tahap pertama akan menyalurkan 100 ribu paket obat ke beberapa wilayah Indonesia, termasuk Jawa Tengah.

Namun, menurut dia, belum ada penetapan pemerintah mengenai jatah paket obat gratis untuk Provinsi Jawa Tengah.

"Untuk alokasinya berapa, kita belum dapat angkanya. Tadi memang disampaikan angka, tapi itu baru simulasi yang masih perlu disempurnakan lagi," katanya.

"Untuk obat informasinya datang besok," ia menambahkan.

Baca juga:
Pemerintah akan salurkan 300 ribu paket obat COVID-19
Presiden minta penyaluran obat untuk pasien isoman diawasi ketat

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar