Jika tidak ada pandemi, barangkali kita tidak memainkan peran-peran ini di rumah-rumah
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan selalu ada hikmah yang bisa dipetik khususnya bagi setiap keluarga saat merayakan Idul Adha 2021 di tengah keterbatasan karena pandemi COVID-19.

"Pandemi ini seakan mengarahkan kita semua untuk lebih menyadari unsur keluarga dalam Idul Adha. Tahun ini, keluarga-keluarga laksanakan Shalat Idul Adha di rumah," kata Anies di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Harga daging sapi dan kambing di Jakarta naik saat Idul Adha

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini membagikan momentum perayaan Idul Adha melalui akun instagram @aniesbaswedan, yakni beribadah di kediaman pribadinya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Anies menjadi imam shalat bersama keluarganya dan anaknya yakni Mikail yang menjadi khatib.

"Jika tidak ada pandemi, barangkali kita tidak memainkan peran-peran ini di rumah-rumah," katanya.

Baca juga: Wagub DKI beli sapi kurban dari peternak di Jakarta Selatan

Dalam kesempatan itu, Anies menuturkan anaknya Mikail memberikan khutbah membahas tentang kepemimpinan Nabi Ibrahim.

"Dia (Mikail) kumpulkan bahan-bahan. Ditulis menjadi naskah khutbah, jadi rangkaian pesan penuh hikmah. Begitu banyak keluarga yang melewati proses yang sama. Selalu ada hikmah yang muncul di balik semua ini. Itulah Idul Adha 1442 H. Idul Adha bersama keluarga," ucapnya.

Baca juga: Masjid Al Azhar laksanakan penyembelihan hewan kurban pada Rabu

Orang nomor satu di Pemprov DKI Jakarta itu juga berdoa agar pasien yang dirawat diberikan kesembuhan dan ketabahan serta kekuatan bagi warga yang kehilangan anggota keluarganya.

"Bagi yang sedang dalam himpitan ekonomi, semoga segera dibukakan kelonggaran. Bagi yang saat ini dalam kelonggaran ekonomi, dibukakan hatinya untuk mau lebih berbagi pada yang membutuhkan," ucapnya.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021