Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BKMG) memprakirakan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat, petir, dan angin kencang di sejumlah wilayah Indonesia, Sabtu.

Berdasarkan informasi peringatan dini yang diunggah BMKG melalui laman www.bmkg.go.id yang dikutip di Jakarta, Sabtu dini hari, sejumlah wilayah yang berpotensi terjadi hujan disertai kilat/petir serta angin kencang yakni:

Di Aceh antara lain di wilayah Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues, dan sekitarnya.

Di Sumatera Selatan di wilayah Musi Banyuasin, Musi Rawas, Empat Lawang, Pagaralam, Lahat, OKU, OKU Timur, Ogan Ilir, Banyuasin, Palembang, Muara Enim. dan Musi Rawas Utara. Pada malam hari di wilayah Banyuasin, Muara Enim, Pagaralam, dan Lahat.

Baca juga: Sebanyak 11 daerah di NTT alami kekeringan ekstrem panjang

Di Bengkulu di sebagian wilayah di Kabupaten Bengkulu Utara, Rejang Lebong, Kepahiang, Seluma, serta Bengkulu Selatan.

Lampung di wilayah Lambar, Lampura, Tanggamus, Pesibar, Lamteng, dan Way Kanan.

Kemudian di Banten yakni wilayah Kabupaten Lebak bagian Timur dan Selatan.

Di Jawa Barat di wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten dan Kota Cirebon, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran.

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia

Selanjutnya di Kalimantan Utara di wilayah Lumbis, Sei Menggaris, Sembakung Atulai, Sesayap, Tulin Onsoi, Malinau, Tana Tidung, Lumbis Ogong, Tana Lia, dan Nunukan.

Sulawesi Tengah di wilayah Kota Palu, Sigi, Donggala, Parimo, Poso, Touna, Tolitoli, Buol, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan.

Maluku di wilayah Kota Tual, Kabupaten Seram bagian Timur dan Maluku Tenggara.

Selanjutnya di Papua berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Ninati.

Baca juga: Jakarta diprakirakan hujan sedang-ringan sepanjang hari pada Jumat
 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021