Valeri Karpin ditunjuk sebagai pelatih baru timnas Rusia

id valeri karpin,timnas rusia,kualifikasi piala dunia 2022

Valeri Karpin ditunjuk sebagai pelatih baru timnas Rusia

Valeri Karpin saat masih menangani Spartak Moskow pada 2011. Karpin baru saja ditunjuk sebagai pelatih baru tim nasional Rusia hingga Desember 2021. (ANTARA/AFP/Ian Macnicol)

Jakarta (ANTARA) - Valeri Karpin ditunjuk sebagai pelatih baru tim nasional Rusia, demikian diumumkan federasi sepak bola negara itu, RFS, pada Jumat malam tadi.

Karpin, yang saat ini juga menangani klub Rusia FC Rostov, diberi kontrak hingga Desember 2021 dan diperbolehkan menjalankan pekerjaan ganda, demikian dikutip dari laman resmi RFS.

Kontrak yang disepakati Karpin dan RFS dilengkapi klausul perpanjangan apabila pekerjaan mantan sayap kanan Celta Vigo itu memuaskan.

Baca juga: Roberto Martinez akan lanjutkan jabatan pelatih timnas Belgia

"Valeri Karpin tidak perlu diperkenalkan lagi reputasinya kepada pandit maupun suporter. Dia merupakan salah satu pemain terbaik Rusia di generasinya," kata Presiden RFS Aleksandr Dyukov.

"Timnas adalah tantangan baru baginya, kami melihat gairah dan kesiapannya untuk menerima tantangan ini," ujarnya menambahkan.
 
Karpin mengaku prioritasnya saat ini adalah memastikan kelolosan Rusia ke babak utama Piala Dunia 2022 Qatar.

"Bagi saya ini merupakan bagian penting dan menarik dari karier kepelatihan. Di depan mata ada kualifikasi Piala Dunia 2022 dan kami akan mengerahkan segalanya untuk bisa lolos," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Tiga pesepak bola Rusia dijatuhi sanksi larangan tampil karena doping

Selepas gantung sepatu di Real Sociedad pada 2005, Karpin mengawali karier kepelatihannya bersama Spartak Moskow di mana ia bertugas medio 2009-2014 sebelum menangani Mallorca (2014-2015), Torpedo Armavir (2015-2016) dan sejak 2017 menukangi Rostov.

Karpin menggantikan Stanislav Cherchesov yang dipecat selepas hasil buruk di Euro 2020, di mana mereka gagal meloloskan diri dari fase penyisihan grup, kendati pelatih berusia 57 tahun itu sukses membawa Rusia tampil di perempat final Piala Dunia 2018 untuk pertama kalinya sejak 1970.

Laga kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup H zona Eropa menjamu Kroasia di Moskow pada 1 September mendatang bakal menjadi debut Karpin menangani Rusia.

Rusia saat ini berada di posisi kedua klasemen Grup H dengan raihan enam poin dari tiga pertandingan.

Baca juga: FIFA akan pelajari kelaikan gelar Piala Dunia dua tahunan
Baca juga: Piala Dunia Putri 2023 di Australia, Selandia Baru dimulai 20 Juli


 

Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar