Jakarta (ANTARA) - Beberapa hari belakangan cuaca dan matahari terik begitu terasa menyengat di kulit dan membuat haus sepanjang hari, yang kemudian menimbulkan dehidrasi yang jika tidak segera diatasi dapat menyembabkan masalah kesehatan lainnya.

Dehidrasi adalah suatu kondisi di mana tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan, sehingga keseimbangan zat gula dan garam menjadi terganggu. Akibatnya tubuh tidak dapat berfungsi secara normal.

Mengutip Verywellhealth, dehidrasi 100 persen dapat dicegah bahkan dehidrasi tingkatan ringan hingga sedang dapat diobati dengan minum lebih banyak cair seperti air mineral atau minuman olahraga.

Baca juga: Diduga dehidrasi, seorang pendaki Gunung Kerinci meninggal

Baca juga: 6 cara agar tidak dehidrasi, kata ahli nutrisi selebritas Hollywood


Gejala dehidrasi

Dehidrasi tidak hanya menyerang orang dewasa saja, anak-anak kecil dan bayi pun bisa terserang. Sebelum mengetahui berbagai cara untuk mencegah dehidrasi, ada baiknya mengenal terlebih dahulu beberapa gejalanya.

Pada bayi dan anak kecil, gejala yang dapat ditemui adalah mulut dan lidah kering, tidak ada air mata saat menangis, popok tidak basah selama tiga jam, mata dan pipi cekung, cekung pada bagian titik lunak di kepala, lesu dan mudah marah.

Sedangkan pada orang dewasa, bibir dan lidah kering, mulut kering, sakit kepala, kelelahan ekstrim, pusing, mual dan warna urin lebih gelap dari biasanya.

Ciri di atas merupakan gejala ringan dari dehidrasi. Sedangkan untuk gejala berat atau parah dapat berupa diare berat/sedang selama 24 jam atau lebih, kotoran atau feses berdarah atau hitam, bingung, mudah tersinggung, sangat lelah, sedikit atau bahkan tidak buang air kecil, mulut, kulit dan selaput lendir sangat kering, detak jantung cepat dan mata cekung.

Jika gelaja dehidrasi sudah mengarah pada yang berat, lebih baik segera berkonsultasi kepada dokter. Sebab jika penanganannya telat, dehidrasi dapat menyebabkan kematian.

Baca juga: Jaga asupan air minum agar suasana hati menyenangkan

Baca juga: Panas ekstrem? Lakukan hal ini agar tetap bugar

Halaman Selanjutnya: Penyebab dehidrasi

Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021