Jakarta (ANTARA) - KBRI Roma menyelenggarakan kegiatan “Ceria Merdeka” untuk memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh tiap 23 Juli sekaligus sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan RI.

Acara yang berlangsung pada Jumat (30/7) itu dimeriahkan dengan penampilan sekitar 25 anak-anak yang menampilkan persembahan lagu anak "Di Sini Senang Di Sana Senang" serta "Kalau Kau Suka Hati". Sebagai simbol pembukaan kegiatan “Ceria Merdeka”, Duta Besar RI untuk Italia Esti Andayani melakukan pelemparan jarum panah dart.

Dalam sambutan pembukaannya seperti disampaikan melalui keterangan KBRI Roma, Sabtu, Dubes RI menekankan pentingnya peran generasi muda termasuk anak-anak bagi masa depan Indonesia.

"Anak-anak Indonesia haruslah tetap bahagia, ceria, dan merdeka. Orang yang bisa merasakan kebahagiaan adalah orang yang merdeka, dan dalam kemerdekaan pasti ada keceriaan,” ujar Dubes Esti.

"Di tengah pandemi ini, memang banyak perubahan yang terjadi, tetapi saya berpesan kepada anak-anak semua untuk tetap ceria, bahagia, rajin belajar dan beribadah, serta selalu menghormati orang tua dan nilai-nilai luhur budaya bangsa," kata dia, menambahkan.

Esti juga berpesan agar semua pihak tetap waspada dan ikut meminimalkan potensi penyebaran COVID-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

“Sebagai upaya KBRI Roma agar peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI ini juga dapat mengikutsertakan partisipasi WNI dan diaspora Indonesia, beberapa lomba akan diselenggarakan secara daring (virtual), sementara untuk kegiatan dan lomba secara fisik, dilakukan dengan pembatasan jumlah peserta dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” paparnya.

Anak-anak Indonesia tampil pada kegiatan "Ceria Merdeka" yang diselenggarakan KBRI Roma, Italia, Jumat (30/7/2021). ANTARA/HO-KBRI Roma/am.
Kegiatan “Ceria Merdeka” KBRI Roma tahun 2021 terdiri dari beberapa pertandingan fisik antara lain tenis meja ganda/ pasangan, lempar dart, lomba merangkai bunga, dan beberapa lomba anak-anak seperti mewarnai gambar bertemakan Kemerdekaan Indonesia, memasukkan pensil ke dalam botol, lempar gelang, lomba makan buah, dan lainnya.

Sementara itu, untuk lomba virtual yang dapat diikuti oleh WNI, diaspora Indonesia, serta warga negara asing, diadakan beberapa jenis lomba di antaranya cerdas cermat daring, lomba menggambar, lomba fotografi, dan lomba deklamasi/puisi.

Penutupan kegiatan "Ceria Merdeka" akan dilakukan pada 10 Agustus 2021 dengan beberapa lomba termasuk kegiatan jalan sehat bersama di taman Villa Borghese Roma.

KBRI Roma juga akan mengadakan Upacara Bendera pada 17 Agustus 2021 dengan jumlah peserta terbatas dan menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan tersebut akan disiarkan secara langsung pada kanal media sosial KBRI Roma (YouTube dan Facebook Live). Selain itu, KBRI Roma juga merencanakan kegiatan Resepsi Diplomatik dalam rangka peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI pada September 2021.

Kegiatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini bertemakan "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh", sementara tema kegiatan Peringatan Hari Anak Nasional tahun 2021 adalah "Anak Terlindungi, Indonesia Maju".

Baca juga: KBRI Roma selenggarakan kegiatan Idul Adha dengan protokol kesehatan

Baca juga: Indonesia dorong penguatan kerja sama pemuda ASEAN-Italia

 

Kemenkes dorong peran keluarga dalam pencegahan COVID-19 pada anak

 

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2021