Kondisi pandemi COVID-19 merupakan momentum terbaik untuk melakukan refleksi diri.
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Administrasi Negara (LAN) memberi penghargaan kepada berbagai pemangku kepentingan (stakeholders) ketika memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-64 LAN.

"Menginjak usia 64 tahun, telah banyak torehan prestasi yang diukir LAN dalam perjalanannya," kata Kepala LAN Adi Suryanto dalam keterangan tertulis yang diterima oleh ANTARA di Jakarta, Jumat.

Hingga saat ini, kata Adi, LAN telah melakukan berbagai kajian terhadap isu-isu aktual guna merumuskan strategi kebijakan yang efektif dan dapat diaplikasikan untuk mengatasi masalah birokrasi, terlebih pada kondisi yang dihadapi saat ini.

Adi Suryanto juga mengatakan bahwa kondisi pandemi COVID-19 merupakan momentum terbaik untuk melakukan refleksi diri. Selain itu, kondisi ini juga dapat memperkirakan apa yang akan menjadi isu dan tantangan ke depannya.

"Makin hari tantangan yang dihadapi akan makin kompleks," tutur Adi.

Oleh karena itu, sebagai bentuk apresiasi LAN pada capaian-capaian yang telah terealisasikan, lembaga tersebut memberi penghargaan kepada berbagai pemangku kepentingan.

Penghargaan pertama ialah Penghargaan Inovasi Administrasi Negara (INAGARA) Award 2021. INAGARA Award 2021 diraih oleh Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah, Pemerintah Kota Padang Panjang, Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Pemerintah Kabupaten Tangerang, Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Pemerintah Kabupaten Manggarai, dan Pemerintah Kabupaten Seluma.

Penghargaan selanjutnya, yaitu Penghargaan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Berprestasi sebagai Collaborative and Inclusive Learning Center dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan tingkatan dan teknisnya.

Untuk kategori Lembaga Pelatihan Pemerintah Pusat, diraih oleh Balai Pelatihan Kesehatan Semarang, Kementerian Kesehatan, Balai Besar Pelatihan Kesehatan Ciloto, Kementerian Kesehatan, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Kepemimpinan, dan Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung.

Selanjutnya, untuk kategori Lembaga Pelatihan Pemerintah Daerah, diraih oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur, Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Gorontalo, dan Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kategori terakhir dari penghargaan kedua adalah kategori Lembaga Pelatihan Teknis Fungsional yang diraih oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Balai Besar Pelatihan Kesehatan Ciloto, Kementerian Kesehatan, serta Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan, dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

Berbeda dengan penghargaan pertama dan kedua, penghargaan ketiga diberikan kepada individu, alih-alih kepada instansi. Penghargaan ketiga adalah Penghargaan Analis Kebijakan untuk Indonesia (AKuI) Award yang diraih oleh Made Agus Sugianto, SKM, M.Kes., Diah Ipma Fithria Laela Hidayati, S.Psi., M.Sc., Dr. Dida Daniarsyah, M.Si., dan Ni Luh Putu Suardiyanti, S.Pd.

Penghargaan keempat juga diberikan kepada individu-individu berprestasi. Penghargaan keempat adalah Penghargaan Widyaiswara Berprestasi yang diraih oleh Dr. Ir. Sri Mahendra Satria Wirawan, M.M., M.T., Jamila Lestyowati, S.E, M.Si., Dr. Asep Agus Sulaeman, S.Si., M.T., Hasan Ashari, S.Sos., M.E., Mohammad Djufri, S.T., M.Si., Ratnaningsih Hidayati, S.TP., M.P., Dr. Sopan Adrianto, S.E., M.Pd., M.M., Wahyu Eko Handayani, S.Pd., M.Pd., Dra. Wisnuwati, M.Pd., dan Ir. Waldemar Hasiholan, M.Si.

Selanjutnya, penghargaan terakhir adalah Penghargaan Inovasi Pengembangan Materi Microlearning yang diraih oleh para Widyaiswara dari BPSDM Provinsi Jawa Timur, Balai Pelatihan Bahasa LAN, PPPPTK PKn dan IPS, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, serta Pusdiklat Badan Siber dan Sandi Negara.

Selain itu, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Pusdiklat Perdagangan Kementerian Perdagangan, BBPPMPV BMTI, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, BPSDM Provinsi Sumatera Utara, Pusdiklat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Balai Diklat Keuangan Yogyakarta, serta Kementerian Keuangan.

Baca juga: LAN membangun aplikasi intranet pantau kinerja pegawai

Baca juga: KPK kerja sama dengan LAN-Kemenhan gelar diklat ASN dan bela negara

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021