Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro meraih predikat sangat baik untuk kategori Pelatihan dan Pengembangan (Learning and Development) pada ajang Penghargaan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul (HR Excellence Award) 2021.

Di tengah masa pandemi COVID-19, Jakpro juga menyabet predikat baik untuk kategori Digitisasi dan Analisis SDM (HR Digitization and People Analytics), serta predikat sangat baik untuk kategori akuisisi karyawan (Talent Acquisition) pada acara GRC Awards 2021.

Baca juga: Jakpro dan PGN bangun utilitas dan infrastruktur gas bumi DKI Jakarta

“Kerja keras Jakpro dalam melayani masyarakat terbalaskan dengan melimpahnya penghargaan dan prestasi. Adalah anugerah besar bisa mendapat kesuksesan sebesar ini. Jakpro akan selalu mengabdi masyarakat dengan hati,” kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (“Jakpro”) Nadia Diposanjoyo dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

GRC Awards adalah penghargaan pada perusahaan yang memiliki tata kelola yang baik (Governance), Manajemen Risiko (Risk), dan Manajemen Kepatuhan (Compliance).

Jakpro mendapatkan nominasi unggulan tersebut karena sukses melakukan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) dalam proses bisnis maupun operasional, sehingga dapat meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan maupun mitra bisnis.

Untuk GRC Awards ini, pemenang akan dipublikasikan ke seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) yang peduli pada tata kelola perusahaan yang baik, serta masyarakat.

Jakpro pun menyabet kategori penghargaan “The Best GRC for Corporate Audit 2021” dengan meraih bintang empat untuk industri properti dalam ajang tersebut.

Kemudian, sejumlah Direksi dari Jakpro turut mendapat penghargaan untuk kategori "The Best Chief Executive Officer 2021” atau pemimpin eksekutif terbaik 2021 yang diraih oleh Direktur Utama Jakpro Dwi Wahyu Daryoto.

Dan untuk kategori “The Chief Compliance Officer 2021” atau kepala petugas kepatuhan terbaik 2021 diraih oleh Direktur Keuangan Jakpro Yuliantina Wangsawiguna.

Baca juga: "Dashboard" pemantau oksigen milik DKI dinilai sangat membantu

Publikasi akan dimasukkan ke multimedia seperti majalah elektronik (e-magazine) dan media stasiun TV swasta, seperti iNews TV, Berita Satu, TVRI, SCTV, Indosiar, Metro TV, CNN, Antara TV, dan Jawa Pos TV.

Selain itu, publikasi juga disiarkan ke media daring maupun media sosial lainnya seperti Instagram, Facebook dan siaran digital langsung (digital live streaming) lewat Youtube.

Sementara itu, ajang Penghargaan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul 2021 atau HR Excellence Award 2021 diselenggarakan oleh Majalah Bisnis SWA dan Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI).

Ajang penghargaan itu bertujuan untuk mendorong semangat perusahaan-perusahaan dan instansi yang ada di Indonesia dalam mengembangkan dan meningkatkan penerapan kebijakan Sumber Daya Manusia (​​​​​​​Human Resources) ke arah yang lebih baik.

Sebagai perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jakpro terus bertransformasi menjadi perusahaan terdepan dalam mengembangkan bisnis yang berkelanjutan untuk mewujudkan kota layak huni (livable city) di Jakarta.

Salah satu caranya dengan mentransformasikan organisasi untuk membentuk budaya bekerja keras (high performance culture) di perusahaan.
 
Sejumlah pekerja menyelesaikan proyek revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta, Senin (22/3/2021). Menurut PT Jakarta Propertindo (Jakpro), proyek revitalisasi kawasan TIM tahap I telah mencapai 75 persen dengan tahap pengerjaan 87 minggu, sementara tahap II masih satu persen dengan tahap pengerjaan enam minggu. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.

Di antaranya, program transformasi budaya organisasi (Organization Culture Transformation) yang dilaksanakan untuk memastikan transformasi dan internalisasi budaya organisasi berbasis kompetensi.

Baca juga: Jakpro terima tiga rekor MURI terkait Jakarta International Stadium

Kemudian, memperkuat sistem manajemen talenta (Talent Management System) untuk menjaga kesinambungan operasional perusahaan dengan adanya suksesi.

Lalu, program pengembangan sistem manajemen pembelajaran (Learning Management System) guna memastikan pencapaian peningkatan kompetensi karyawan yang dilanjutkan dengan manajemen pengetahuan (Knowledge Management) untuk mendorong terciptanya budaya berbagi pengetahuan.

Terakhir, sistem manajemen kinerja (Performance Management System) yang digulirkan setiap tahun untuk membentuk budaya bekerja keras (high performance culture).

Transformasi lainnya, Jakpro memanfaatkan digitalisasi untuk sejumlah proyeknya yang sedang berlangsung, terutama revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) dan pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

Digitalisasi proyek itu, merupakan inovasi Jakpro untuk lebih efektif, efisien, dan transparan di setiap proyek yang dikerjakan termasuk soal pemantauan setiap saat (real time) hingga sistem Building Information Modeling (BIM).

Dengan digitalisasi itu, dokumentasi dari proses perencanaan, eksekusi, hingga pemeliharaan dilakukan secara transparan dan akuntabel.

Berkat berbagai transformasi yang sudah dilaksanakan dalam empat tahun terakhir ini, Jakpro meraih sertifikat nasional Indonesia kategori ISO 37001:2016, Sistem Manajemen Anti-penyuapan (SMAP).

Penerapan Sistem Manajemen Anti-penyuapan (SMAP) berbasis SNI ISO 37001:2016 itu menjadi satu langkah penting dalam perjalanan PT Jakpro (Perseroda) yang sedang meningkatkan maturitas tata kelola perusahaan yang baik serta memperoleh kepercayaan dari para pemangku kepentingan.

Baca juga: Jakpro siapkan JIS jadi arena Piala Dunia U-20

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021