Sembilan kelurahan di Palangka Raya zona hijau penyebaran COVID-19

id palangka raya,fairid naparin,covid-19,kalimantan tengah

Sembilan kelurahan di Palangka Raya zona hijau penyebaran COVID-19

Data sebaran COVID-19 tingkat kelurahan di Palangka Raya berdasar zona warna. (ANTARA/Rendhik Andika/Satgas COVID-19 Kota Palangka Raya)

Palangka Raya (ANTARA) - Sebanyak sembilan kelurahan di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah masih masuk kategori zona hijau terkait penyebaran COVID-19.

"Berdasar data kemarin dari 30 kelurahan masih ada sembilan kelurahan kita yang masih masuk kategori zona hijau," kata Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, Kamis.

Sebanyak sembilan kelurahan di wilayah "Kota Cantik" yang masih masuk kategori zona hijau itu yakni dua kelurahan di Kecamatan Pahandut, satu kelurahan di Kecamatan Sabangau, satu kelurahan di Kecamatan Bukit Batu dan lima kelurahan di Kecamatan Rakumpit.

Untuk itu kepala daerah termuda di wilayah Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila" itu mengajak masyarakat setempat selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat di setiap aktivitas.

"Sehingga kelurahan yang masih zona hijau tidak berubah menjadi kuning, orange apalagi zona merah. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama," katanya.

Sementara itu berdasar data Satgas COVID-19 tercatat 13 kelurahan di Kota Palangka Raya masuk zona kuning, satu kelurahan zona orange dan tujuh kelurahan zona merah.

Baca juga: Rumah sakit lapangan pasien COVID-19 mulai beroperasi di Palangka Raya

Baca juga: 17 Kelurahan di Palangka Raya zona hijau COVID-19


Sebanyak 13 kelurahan yang masuk zona kuning yaitu dua kelurahan di Kecamatan Pahandut, satu kelurahan di Kecamatan Jekan Raya, dua kelurahan di Kecamatan Sabangau, enam kelurahan di Kecamatan Bukit Batu dan dua kelurahan di Kecamatan Rakumpit.

Kemudian satu kelurahan di Kecamatan Sabangau masuk zona orange dan tujuh kelurahan yang berkategori zona merah yakni tiga kelurahan di Kecamatan Pahandut, tiga kelurahan di Kecamatan Jekan Raya dan satu kelurahan di Kecamatan Sabangau.

Berdasar data tersebut diketahui bahwa rata-rata kelurahan yang bertahan di zona hijau penyebaran COVID-19 berada di wilayah pinggiran.

Sebagai upaya pemutusan rantai penyebaran COVID-19, Pemerintah Kota Palangka Raya, melalui tim gugus tugas terus melakukan berbagai upaya mulai dari sosialisasi, deteksi dini, pengamanan hingga penanganan kasus.

Pemerintah Kota Palangka Raya pun mengajak masyarakat di wilayah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah untuk selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19 sebagai upaya meminimalkan potensi dan mencegah mata rantai penyebaran COVID-19 yang tak kunjung usai.

Pemerintah juga memperketat pemberlakuan PPKM skala mikro untuk memperkuat pencegahan dan penanganan COVID-19 di tingkat bawah. Selain itu juga mengajak masyarakat menyukseskan pelaksanaan vaksin COVID-19 yang gencar dilaksanakan.

Baca juga: Zona merah penyebaran COVID-19 di Palangka Raya berkurang

Baca juga: Brimob Polda Kalteng membantu pemulasaraan jenazah pasien COVID-19

Pewarta : Rendhik Andika
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar