Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bola basket 3x3 Indonesia siap memberikan penampilan maksimal dalam FIBA 3x3 World Cup U-18 yang akan dihelat di Debrecen, Hungaria, 24-29 Agustus.

Salah satu pemain timnas U-18 putra Rafael Pasha mengatakan saat ini kondisi tim sudah sangat siap bertanding sejak latihan di GMC Cirebon 8 Agustus lalu. Dia bersama rekannya akan memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

"Sejak 8 Agustus kami telah mempersiapkan yang terbaik untuk membela nama Indonesia, walaupun dengan waktu yang sangat sempit pelatih mampu memberikan materi-materi dan sistem permainan yang dapat digunakan kami semua sebagai satu kesatuan dan materi penguatan fisik yang baik," kata Pasha dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Sabtu.

Timnas putra akan bersaing dengan Brazil, Ukraina, Kazakhstan, dan Prancis di Grup A.

Baca juga: Timnas Indonesia turun di FIBA 3x3 World Cup U-18 2021

Pasha mengaku bahwa Prancis merupakan salah satu tim unggulan dalam 3x3. Namun timnya juga tetap mewaspadai kekuatan dari Brazil, Kazakhstan, dan Ukraina.

"Akan tetapi kami juga yakin bahwa dengan usaha yang maksimal kami bisa memanfaatkan peluang dengan baik di dalam grup A," ujarnya.

Sementara itu, pemain timnas U-18 putri, Margareth Marcel Janna, bertekad akan berusaha semaksimal mungkin di Hungaria nanti. Menurutnya, bisa mewakili Indonesia di ajang sekelas World Cup merupakan kesempatan langka yang harus dimaksimalkan.

Baca juga: Timnas basket 3x3 putri akan berlaga di FIBA U-23 World Cup

Timnas 3x3 putri tergabung di Grup C bersama Jerman, Latvia, Sri Lanka, dan Israel. Namun Sri Lanka telah mengundurkan diri karena adanya pemain yang terpapar COVID-19.

Menurut Maragreth, persaingan di Grup C sangat ketat, terutama dengan adanya Jerman dan Latvia. Meski begitu, kehadiran dua negara tersebut tidak akan mengundurkan semangat tanding, melainkan justru menjadi motivasi untuk tampil maksimal.

"Saya yakin tim saya akan melakukan yang terbaik dan apapun hasilnya kita harus tetap berjuang," kata dia.

Sementara itu penanggung jawab timnas bola basket U-18 Wahyu Gunarto mengatakan bahwa pihaknya tidak menetapkan target apa pun terhadap tim. Namun demikian dia mengakui bahwa ajang sebesar FIBA World Cup sangat penting diikuti timnas untuk bekal menghadapi event-event ke depan.

Baca juga: FIBA 3x3 World Cup jadi ajang timba pengalaman timnas Indonesia

“Saya pribadi tidak ingin memberikan beban bagi mereka, terlebih ini adalah level world cup, dengan memiliki kesempatan melawan pemain terbaik dari seluruh peserta negara-negara di dunia. Saya ingin mereka berusaha sekerasnya, bermain tanpa rasa takut dan tanpa rasa minder,” ucap Wahyu.

Empat pemain putra akan mewakili Indonesia di 3x3 World Cup U-18, yaitu Rafael Pasha, Franciscus Gerick Fernando, Aaron Nathanael, dan Mikail Jaydra Muhammad.

Sementara untuk roster 3x3 putri diperkuat oleh Margareth Rachel Janna dan tiga pemain U-16, yakni Angelica Jennifer Candra, Vanissa Renata Siregar, dan Syarafina Ayasa Sjahril. Kedua tim sudah menjalani pemusatan latihan sejak 8 Agustus di GMC Basketball Arena, Cirebon, Jawa Barat. Tim akan bertolak ke Hungaria pada Minggu malam (22/8).

Berikut jadwal tanding timnas Indonesia di FIBA 3x3 World Cup U-18 yang bisa disaksikan lewat saluran Youtube FIBA:

Putra

Grup A

Selasa, 24 Agustus 2021

14.00 WIB v Brazil

15.40 WIB v Ukraina

Kamis, 26 Agustus 2021

12.05 WIB v Prancis

14.55 WIB v Kazakhstan


Putri

Grup C

Rabu, 25 Agustus 2021

20.40 WIB v Jerman

Jumat, 27 Agustus 2021

18.00 WIB v Israel

19.15 WIB v Latvia
 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021