Jakarta (ANTARA) - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) menggelar program percepatan vaksinasi COVID-19 bersama Koperasi Makmur Mandiri serta Pemerintah Kabupaten Purbalingga di Desa Tlahab Kidul, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Sasaran vaksinasi melibatkan sekitar 18 orang tenaga kesehatan (nakes) dan sebanyak 530 orang yang merupakan para petani buncis, kentang, tomat, labu madu, dan lain-lain, serta masyarakat desa setempat.

"Kalau kita mau kembali ke kehidupan normal dan ekonomi kembali berjalan, maka masyarakat harus divaksin," ucap Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat meninjau lokasi vaksinasi sebagaimana keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa kunci pemulihan ekonomi adalah vaksinasi. Presiden Jokowi dikatakan sudah meminta seluruh menteri untuk mendorong percepatan vaksinasi di seluruh Indonesia.

Karena itu, Teten mengharapkan kerja sama dan sinergi berbagai pihak untuk menyukseskan program vaksinasi yang diprioritaskan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dianggap menjadi kunci dari pemulihan ekonomi nasional.

Adapun Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengingatkan bahwa meski sudah divaksin, protokol kesehatan (prokes) harus tetap dijaga dalam kehidupan sehari-hari. Ia juga mengutarakan agar masyarakat yang sudah divaksin dapat menyosialisasikan kepada yang lainnya agar mau divaksin.

Sementara itu, Dirut LPDB-KUMKM Supomo menerangkan bahwa pihaknya berkewajiban turut serta menyukseskan program percepatan vaksinasi yang tengah diusung pemerintah.

"Prioritas kami adalah para pelaku usaha anggota koperasi yang menjadi mitra LPDB-KUMKM, berikut masyarakat sekitar," tutur Supomo.

Sebelum di Purbalingga, LPDB-KUMKM sudah menggelar vaksinasi bagi 1.200 petani anggota Koperasi Peternakan Bandung Selatan (KPBS) Pangalengan.

Berikutnya, vaksinasi akan digelar di Kulon Progo, Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, dengan menyasar sekitar 1.000 orang anggota koperasi Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Beringharjo. Gelaran serupa akan dilaksanakan di wilayah Indonesia Bagian Timur.

"Inti dari program vaksinasi dari LPDB-KUMKM ini adalah pemerintah hadir," ucap dia.

Baca juga: LPDB tawarkan bantuan pembiayaan UMKM terdampak COVID-19 di Aceh
Baca juga: LPDB UMKM luncurkan dana bergulir fintech
Baca juga: LPDB targetkan 5.000 UMKM orientasi ekspor

 

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021