..50 persen lebih dari lulusan universitas ingin membuka usaha sendiri,
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong mahasiswa Universitas Indonesia untuk dapat menciptakan peluang bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdigitalisasi.

Sandiaga Uno di Jakarta, Sabtu, mengingatkan bahwa kontribusi ekonomi kreatif Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) adalah yang terbesar ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Karena itu, ia mengutarakan harapannya agar para mahasiswa dapat memanfaatkan peluang tersebut.

"Saya ingin mengajak FE (Fakultas Ekonomi) UI dan teman-teman YES untuk ikut ke dalam gerbong dalam menciptakan bisnis dan UMKM yang terdigitalisasi," ungkapnya dalam acara YES Goes to Campuss Universitas Indonesia yang diselenggarakan secara virtual sebagaimana tertera dalam keterangan pers.

Sandiaga menjelaskan semakin banyak anak muda yang berkecimpung di dunia wirausaha, maka akan semakin banyak pula produktivitas yang dihasilkan sehingga berdampak kepada meningkatnya kinerja ekonomi nasional.
Baca juga: Sandiaga Uno ajak milenial mengembangkan diri jadi wirausaha muda

"Ini peluang wirausaha muda dan saya ingin seribu orang yang hadir kurang lebih di sini melihat bahwa ke depan anak-anak muda itu jangan lulus terus mencari kerja, mereka harus mulai memikirkan untuk menciptakan lapangan kerja, memulai usaha yang akan mengurangi tingkat pengangguran," tutur Menparekraf.

Hal ini didukung dengan data yang menyebutkan bahwa 50 persen lebih dari lulusan universitas ingin membuka usaha sendiri.

Ia juga menjelaskan bahwa Kemenparekraf memiliki program pengembangan wirausaha dan dukungan dalam digitalisasi ekonomi kreatif, seperti Bantuan Intensif Pemerintah (BIP), Bedah Desain Kemasan Kuliner Nusantara (BEDA'KAN), Kreatif dari Rumah, Bangga Buatan Indonesia, Game Prime, dan Bekraf for Pre-Startup (BEK-UP).

Dalam acara tersebut, Menparekraf didampingi oleh Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wisnu Bawa Tarunajaya.

Baca juga: Pendidikan Tinggi Vokasi didorong ciptakan entrepreneur
Baca juga: UI-UGM-NUS tingkatkan inovasi dan kewirausahaan


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2021