Atlet anggar Kalbar Oktavianus targetkan medali emas di PON XX Papua

id Atlet anggar, atlet kalbar, kalbar

Atlet anggar Kalbar Oktavianus targetkan medali emas di PON XX Papua

Oktavianus Harry Putra atlet anggar Kalbar (ANTARA/Dedi)

Pontianak (ANTARA) - Atlet Anggar kebanggaan Kalbar, Oktavianus Harry Putra menargetkan kembali meraih medali emas pada PON XX Papua setelah pada PON XIX di Jabar mempersembahkan medali tertinggi bagi daerah ini.

“Yang pastinya saya berharap kontingen Kalbar bisa memberikan hasil yang terbaik buat Kalbar pada PON XX Papua ini. Untuk saya pribadi juga berharap bisa tampil maksimal dan memberi yang terbaik apa pun hasilnya serta ingin kembali mengulang hasil positif pada PON XIX Jabar,” ujarnya di Pontianak, Sabtu.

Ia menjelaskan bahwa saat ini ia sedang menjalani latihan terpusat bersama tujuh atlet anggar lainnya di Pontianak. Persiapan untuk PON XX Papua dirasakannya sudah mencapai 80 persen.

Baca juga: Kalbar siap berangkatkan 67 atlet ke PON XX di Papua

“Sementara ini dari awal latihan dan saat ini kami sedang menjalani TC selama satu bulan lebih sih, kira kira sudah 70-80 persen di sisa kurang lebih satu bulan lagi harusnya kami sudah selesai sampai 100 persen,” jelasnya.

Oktavianus Harry Putra merupakan atlet anggar asal dari Kabupaten Sintang. Ia baru saja menyelesaikan pendidikannya Manajemen Bisnis di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Oktavianus menceritakan bahwa ia mulai belajar anggar sejak tahun 2010 yaitu ketika menginjak bangku SMP. Awalnya ia sangat mencintai olahraga team, seperti futsal dan sepak bola. Namun ketika ia mencoba olahraga anggar yang merupakan olahraga individu, ia dapat merasa lebih fokus kepada diri sendiri dan tidak bergantung kepada orang lain.

“Berawal dari hobi berolahraga, menyukai banyak cabang olahraga dan memainkannya. Namun fokus pada satu cabang olahraga yaitu anggar,” kata dia.

Baca juga: Syella Nastasha atlet Wushu Taolu Perkuat Kalbar di PON-XX

Oktavianus melanjutkan bahwa olahraga anggar adalah olahraga yang tidak terlalu mainstream untuk ditekuni. Ketika bermain anggar ia merasa seperti “kesatria pedang”.

“Hal yang membuat saya cocok adalah selain karena olahraga ini tidak terlalu mainstream, di sisi lain juga olahraga ini memiliki ketertarikan yang luar biasa karena set up nya ketika bertanding seperti kesatria pedang," jelas dia.

Sementara itu, orang tua dari Oktavianus Harry Putra yakni Florentinus Anum sangat mendukung penuh usaha dan target dari anak kesayangannya.

"Saya selaku orang tua sangat mendukung dan memberikan motivasi kepada Harry anak saya. Berharap dia bisa mendulang emas untuk Kalbar di PON Papua nanti seperti dulu di PON Jabar 2019 lalu yang mempersembahkan emas untuk Kalbar," harap dia.

Baca juga: Marciano Norman sebut arena PON Papua siap digunakan

Pewarta : Dedi
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar