Sekolah di wilayah tersebut diperbolehkan membuka pembelajaran tatap muka (PTM) dengan beberapa persyaratan
Sidoarjo (ANTARA) -
Ikatan Alumni Universitas Airlangga (Ika Unair) Cabang Sidoarjo, Jawa Timur, menyasar vaksinasi COVID-19 kepada kalangan pelajar di kabupaten setempat.
 
Gubernur Jawa Timur sekaligus Ketua Umum Ika Unair Khofifah Indar Parawansa di Sidoarjo, Sabtu, mengatakan vaksinasi ini diadakan di SMP-SMK Islam, Krembung, Sidoarjo.
 
"Kegiatan yang digelar Ika Unair Sidoarjo ini merupakan wujud kegotongroyongan bersama yang terus-menerus melakukan vaksinasi secara keliling ke daerah-daerah," kata Khofifah di sela kegiatan itu.

Baca juga: Gedung ACC Unair dijadikan sentra vaksinasi di Surabaya
 
Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah juga menggelar video conference dengan beberapa SMA dan SMK se-Jawa Timur.

​​​​​​"Jadi, ada beberapa daerah yang PPKM-nya sudah level 1,2, dan 3. Sekolah-sekolah yang berada di wilayah tersebut sudah diperbolehkan membuka pembelajaran tatap muka (PTM) dengan beberapa persyaratan," katanya.
 
Menurutnya, mulai Senin, 30 Agustus 2021, sekolah-sekolah yang berada di level 1, 2, dan 3 boleh membuka kegiatan belajar mengajar dengan kapasitas maksimal 50 persen.

Baca juga: RS Unair-Pemkot Surabaya gelar vaksinasi khusus untuk ibu hamil
 
"Kemudian jarak antarpelajar di dalam ruang kelas 1,5 meter, dan dalam sehari ada 4 jam pelajaran. Tiap jam pelajaran (JPL) berdurasi 30 menit," ujarnya.
 
Sementara itu, Wakil Ketua Ika Unair Sidoarjo Abdullah Khizam mengungkapkan vaksinasi kali ini untuk 5.000 peserta yang terbagi untuk 1.250 pelajar SMP dan SMK Islam Krembung.

Sedangkan untuk masyarakat di Kecamatan Krembung ada 1.900 orang. Sementara, sisanya adalah masyarakat umum yang mendaftar via dalam jaringan.

Baca juga: Peneliti: Hasil uji praklinik pertama vaksin Unair menjanjikan
 
Ia mengatakan, pihaknya menyasar sekolah karena pemerintah berencana membuka PTM. Oleh karena itu, sebelum diadakan PTM, siswa sekolah harus mendapatkan vaksinasi.
 
"Selain itu, Krembung merupakan salah satu sasaran kami karena vaksinasi belum maksimal," ucapnya
 
Sedangkan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) menyatakan, berterima kasih karena Ika Unair sudah memperhatikan anak-anak sekolah.
 
"Saya senang sekali karena vaksin sangat ditunggu-tunggu anak sekolah," ujarnya.

Baca juga: Pakar: PTM untuk SD perlu kehati-hatian lantaran anak belum divaksin
 
 
 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021