Ada sembilan kelompok WUB di Pamekasan yang kami bantu modal usahanya
Pamekasan (ANTARA) - PT Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri  (Taspen) membantu modal usaha para wirausaha baru (WUB) di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, senilai Rp420 juta untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi di daerah itu.

"Ada sembilan kelompok WUB di Pamekasan yang kami bantu modal usahanya, total sebesar Rp420 juta," kata Kepala Kantor Cabang PT Taspen Pamekasan Mulat Budiyanto, di Pamekasan, Sabtu.

Ia menjelaskan, bantuan modal usaha kepala sembilan kelompok pelaku usaha bersumber dari dana tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR).

Ia juga mengemukakan sejumlah alasan mendasar perusahaan itu mengalokasikan dana tanggung jawab sosial perusahaan tersebut kepada pelaku usaha baru.

Pertama, karena WUB ini merupakan program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bPamekasan dan telah banyak menghasilkan pelaku usaha baru melalui program pelatihan yang selama ini telah dijalankan.

Baca juga: Teten dorong lahirnya wirausaha baru melalui koperasi

Kedua, program yang dicanangkan oleh Bupati Pamekasan Baddrut Tamam tersebut mampu mencetak pengusaha baru dan terbukti sudah banyak yang berhasil.

"Ketiga, karena melalui penyaluran bantuan kepada pelaku usaha baru ini, sama dengan membantu tugas pemerintah dalam memulihkan perekonomian masyarakat, disamping program ini juga bagian dari program nasional," katanya.

Dengan demikian, sambung Mulat, penyaluran bantuan modal usaha ini memiliki manfaat ganda, yakni manfaat membantu pemulihan ekonomi masyarakat dan manfaat mendorong ikut menyukseskan upaya pemerintah untuk pemulihan ekonomi nasional (PEN).

"Secara simbolis penyerahannya sudah kami lakukan pada 26 Agustus 2021 dan Pemkab Pamekasan sangat mengapresiasi hal ini," katanya.

Apresiasi bupati
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menyampaikan terima kasih Badan Usaha Milik Negara itu atas kepeduliannya pada program pengembangan WUB di Kabupaten Pamekasan.

Baca juga: Kemenkop gandeng perguruan tinggi cetak wirausaha muda yang produktif

Ia menjelaskan, WUB merupakan satu dari lima program prioritas yang memang dicanangkan Pemkab Pamekasan.

Empat program lainnya masing-masing peningkatan layanan kesehatan kepada masyarakat, pengembangan kualitas pendidikan, pembangunan infrastruktur dan reformasi birokrasi.

Bupati juga meminta, nantinya PT Taspen meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat terkait program yang telah dicanangkan.

Selain mengenalkan PT. Taspen yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), agar programnya bisa menyentuh semua lapisan masyarakat.

 

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021