Jakarta (ANTARA) - Ketua Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan sejumlah situasi yang memicu angka kematian masih relatif tinggi di 10 provinsi dalam sepekan terakhir.

"Ke-10 provinsi ini menyumbangkan 75 persen dari total kematian nasional pada minggu ini," kata Wiku Adisasmito saat menyampaikan keterangan pers secara virtual yang dipantau dari kanal YouTube BNPB di Jakarta, Selasa sore.

Sebanyak 10 provinsi penyumbang laju angka kematian nasional tertinggi adalah Jawa Timur dengan 1.214 jiwa, Jawa Barat 922 jiwa, Jawa Tengah 530 jiwa, Bali 329 jiwa, Sumatera Utara 222 jiwa, Kalimantan Timur 213 jiwa, Daerah Istimewa Yogyakarta 206 jiwa, Riau 193 jiwa, Lampung 179 jiwa dan Kalimantan Selatan 150 jiwa.

Wiku menjelaskan sembilan dari 10 provinsi tersebut sama-sama menjadi penyumbang tertinggi pada angka kasus aktif, angka kesembuhan dan angka kematian dalam waktu yang bersamaan per Ahad (29/8).

"Ini artinya, kualitas pelayanan kesehatan di provinsi-provinsi ini sudah ditingkatkan, namun kematian tetap belum dapat ditekan," katanya.

Hal ini dapat terjadi karena penanganan warga yang terkena COVID-19 tidak dilakukan dengan sigap dan cepat, atau karena masih adanya warga yang melakukan isolasi mandiri, kata Wiku menambahkan.

Selain itu, menurut dia, fokus penanganan COVID-19 di daerah tersebut masih berada di hilir, yaitu pelayanan terhadap pasien dan belum maksimal pada tingkat hulu, yaitu pencegahan dan pengawasan disiplin protokol kesehatan.

Wiku mengatakan pengawasan pasien COVID-19 serta pengawasan protokol kesehatan berperan penting dalam perkembangan kasus aktif, sembuh dan meninggal.

"Ini lagi-lagi tidak terlepas dari peran posko atau satgas di tingkat desa atau kelurahan. Sayangnya meskipun posko dan satgas sudah banyak terbentuk di provinsi-provinsi, namun pelaporan kinerjanya masih terpusat pada kegiatan edukasi dan sosialisasi 3M, kegiatan pembubaran kerumunan, mendata warga yang positif, dan pengawasan protokol kesehatan masih sangat sedikit jumlahnya," katanya.

Wiku meminta kepada seluruh kepala daerah dari sepuluh provinsi tersebut untuk memantau pelaksanaan fungsi posko di wilayah kerjanya masing-masing. "Pastikan warga yang terkena COVID-19 memanfaatkan tempat isolasi terpusat dan tidak melakukan isolasi mandiri agar kondisinya dapat dipantau serta dapat meminimalkan risiko," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021